Home Hobbies 5 Jenis Ikan Cupang Hias Ini untuk Mempercantik Akuarium

5 Jenis Ikan Cupang Hias Ini untuk Mempercantik Akuarium

by Erin Nuzulia
cupang 1

Memiliki hobi memelihara ikan cupang hias untuk akuarium adalah salah satu hobi yang yang menyenangkan untuk menghilangkan stres dan menjadikan ruangan memiliki sudut pemandangan yang menyenangkan. Tren menghias akurium sendiri saat ini menjadi tren baru bagi anak-anak muda. Tren menghias akurium saat ini berdampak pada pemeliharaan Ikan Cupang hias yang banyak dilirik oleh masyarakat.

Masyarakat berbondong-bondong mencari dan membeli Ikan Cupang hias yang memiliki warna dan lurik yang unik sehingga penampilan Ikan hias menarik perhatian bagi siapa saja yang melihat akuarium. Berbagai jenis Ikan Cupang hias bisa kita temukan di pasaran lengkap dengan jenis pakan ikannya. Namun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menghias akuarium, kita harus tahu jenis Ikan Cupang apa yang cocok dengan akuarium yang kita miliki, serta dapat memberikan kesan indah di ruangan.

Sebagai hiasan akuarium Ikan Cupang hias memang tidak  bisa dicampur dengan Ikan hias lain. Karena sifatnya yang individual dan agresif, Ikan Cupang hias ini hanya cocok berada dalam satu jenis spesiesnya saja. Nah berikut ini adalah jenis Ikan Cupang hias yang bisa menjadi penyemangat kamu dan dapat mempercantik akuariummu.

cupang 2

5 Jenis Ikan Cupang Hias Ini untuk Mempercantik Akuarium

 

  1. Ikan Cupang Giant

Dari namanya kita pasti sudah bisa tahu, bahwa jenis Ikan Cupang hias ini adalah jenis Ikan yang berukuran besar. Ikan ini tidak dapat diletakan pada akuarium yang berukuran kecil, karena ukuran Ikan Giant sendiri mencapai lebih dari 11 cm, maka Ikan Cupang Giant ini harus ditempatkan pada akuarium yang berukuran besar. Untuk ukuran akuarium jenis ikan ini adalah sekitar 20 cm x 15 cm untuk ukuran Ikan Giant sekitar 2,5 bulan. Penempatan ruang akuarium yang cukup besar ini memudahkan perkembangan Ikan Giant itu sendiri. Harga Ikan Cupang Giant biasanya sekitar Rp25.000 –an  hingga Rp90.000 -an/induk.

  1. Ikan Cupang Fancy (Marble)

Ikan Cupang jenis ini memiliki keindahan warna tersendiri, yakni lurik tiga warna yang menghiasinya, menjadikan Ikan Cupang Fancy ini merupakan jenis ikan terindah. Ikan Cupang Fancy memang memberikan keindahan tersendiri dan kenyamanan tersendiri. Pantulan warna pada Ikan ini akan memantulkan cahaya yang yang indah. Untuk kisaran harga sendiri, Ikan Cupang Fancy ini dibanderol mulai dari harga Rp100.000 –an hingga Rp2.000.000 –an.

  1. Ikan Cupang Slayer

Salah satu ikan hias yang memiliki warna yang menawan adalah Ikan Cupang Hias Slayer yang merupakan hasil perkawinan silang dari Ikan Halfmoon dan Ikan Serit.  Ikan jenis ini banyak kita temui penjualnya biasanya di pinggir sekolah –sekolah. Ikan Cupang Slayer memang menggemaskan dilihat dari lurik yang berwarna warni. Harga Ikan Cupang Slayer ini mulai dari Rp30.000 –an hingga Rp300.0000-an.

 

  1. Ikan Cupang Serit

Selanjutnya adalah jenis Ikan Cupang Serit yang merupakan induk dari jenis Ikan Cupang Slayer. Ikan jenis ini memiliki bentuk yang sangat unik, yang tampak terlihat dari lembarang yang tidak teratur. Keunikannya ini membuat Ikan Cupang Serit dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Harganya sendiri mulai dari 60.000 –an hingga Rp. 300.000 –an untuk induk.

 

  1. Ikan Cupang Plakat

Ikan jenis ini merupakan ikan yang banyak dicari pasaran. Ikan yang berasal dari Thailand ini memiliki keunikan dan ciri khasnya yakni pada ekor dan sirip ikannya yang pendek. Sehingga Ikan Cupang Plakat ini sering disebut sebagai Ikan petarung. Harga Ikan Cupang Plakat sendiri mulai dari Rp. 50.000-an hingga Rp. 2.000.000-an.

Setelah melihat jenis Ikan Cupang hias rasanya semakin tidak sabar untuk memulai menekuni hobi menghias akuarium dengan ornamen hiasan yang cantik dan Ikan hias yang tepat. Selain menghias akuarium degan jenis Ikan Cupang, perlu diperhatikan juga pakan serta kebersihan akuarium. Sehingga perkembangbiakan Ikan Cupang akan berkembang dengan baik.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More