Home Lifestyle 5 Kandungan Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

5 Kandungan Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

by Erin Nuzulia

Tidak hanya menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh, mengonsumsi kandungan makanan dengan jenis tertentu juga dipercaya dapat menaikkan sistem imun tubuh. Imunitas yang kuat dipercaya mampu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit ataupun infeksi virus atau bakteri.

Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, kandungan makanan di bawah ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

5 Kandungan Makanan untuk Meningkatkan

Sistem Imun Tubuh

 

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang bersifat antioksidan sehingga memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh manusia. Vitamin E juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu vitamin K dalam membekukan darah. Tidak hanya itu, asupan vitamin E juga sangat penting untuk memperlambat terjadinya berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat proses penuaan. Vitamin E juga berperan penting dalam produksi hormon prostaglandin yang mampu mengatur berbagai mekanisme di dalam tubuh seperti kontraksi otot dan tekanan darah.

Asupan Vitamin E bisa ditemukan di dalam minyak biji gandum, kacang almond, biji bunga matahari atau kuaci, minyak zaitun, tahu, telur dan daging ayam.

  1. Vitamin C

Tidak hanya vitamin E, vitamin C atau dikenal dengan asam askorbat juga mampu berperan sebagai antioksidan. Vitamin C dipercaya dapat menstimulasi sistem imun melawan benda-benda asing seperti virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, paprika merah, stroberi, pepaya, dan jambu biji, vitamin C juga bisa didapatkan secara sintetis melalui produk suplemen-suplemen yang ada di pasaran.

  1. Karotenoid

Karotenoid adalah kandungan makanan yang ditemukan secara alami pada berbagai tumbuhan. Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan. Ketika dikonsumsi tubuh, karotenoid akan diubah menjadi vitamin A yang memberikan nutrisi dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan kandungan makanan ini, kita dapat mengonsumsi wortel, pepaya, mangga, dan kubis.

  1. Zinc

Selain berbagai vitamin di atas, tubuh kita juga membutuhkan asupan mineral. Adapun mineral yang memiliki keterlibatan yang penting dalam memproduksi sel-sel kekebalan tubuh adalah zinc. Kekurangan zinc dalam tubuh berdasarkan penelitian dapat merusak fungsi imunitas. Anda dapat menemukan kandungan mineral ini pada makanan seperti kacang mete, jamur tiram, kismis, dan buncis.

  1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 adalah jenis asam lemak penting yang dapat membantu mengatasi berbagai jenis peradangan akibat infeksi virus atau bakteri dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, omega 3 dipercaya mampu melindungi tubuh dari gangguan sistem imun seperti penyakit radang usus kronis, peradangan usus besar, dan artritis rheumatoid.

Baca Juga:   Yuk, Membersihkan Rumah Dengan Lemon!

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan makarel, tuna, salmon, dan sarden, biji rami, dan kacang kenari.

Untuk mendapatkan kandungan makanan optimal yang mampu terserap dalam tubuh, pastikan Anda mengolah sayuran dan buah-buahan dengan cara yang tepat agar tidak kehilangan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Jangan masak sayur dalam suhu tinggi dalam waktu yang lama, hal ini akan menyebabkan berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalamnya hilang.

Jika Anda memiliki gangguan penyerapan vitamin dan mineral, Anda bisa menambah asupan vitamin dan mineral dari berbagai suplemen tambahan yang beredar di pasaran. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More