Tidak Cuma Papan Tulis, Berikut Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Buah Hati Anda

Memilih mainan yang terbaik untuk anak memang agak tricky. Terkadang kita ingin mengembangkan kreativitas anak dengan membelikan papan tulis agar ia bisa berkreasi semaunya. Harga papan tulis yang relatif terjangkau juga membuat banyak orangtua memilihnya sebagai salah satu sarana bermain sambil belajar. Namun orangtua dan juga anak sendiri ternyata memiliki preferensi yang berbeda sesuai dengan aspek yang lebih dominan pada dirinya.

Saat ini, begitu banyak pilihan mainan anak, ada yang mengasah aspek kognitif, sensorik, seni, bahasa, dan motorik anak. Tentu saja semuanya bagus dengan harga yang juga terjangkau. Meski begitu, orangtua tetap harus memilih mainan terbaik yang sesuai dengan usia dan kebutuhan perkembangan anak agar mendukung tumbuh kembang anak Anda.

Tidak Cuma Papan Tulis, Berikut Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Buah Hati Anda

  1. Balok bangun

Mainan jenis ini termasuk dalam jenis permainan open ended lantaran permainan ini sama sekali tidak membutuhkan peraturan khusus dalam menjalankan atau memainkannya. Anak bisa dibiarkan berkreasi untuk menyusun bentuk menggunakan balok yang sesuai dengan imajinasi. Hal ini mampu mengasah kreativitas anak-anak loh! Mainan balok bangun ini juga bisa digunakan sejak anak masih di bawah tiga tahun hingga anak usia sekolah.

  1. Kartu edukasi

Kartu edukasi ini bisa digunakan untuk memperkenalkan kosakata baru kepada buah hati Anda. Kartu ini memiliki banyak jenis atau varian, seperti kartu edukasi yang memperkenalkan warna, benda, hewan, huruf, angka, dan sebagainya. Rutin bermain kartu edukasi dengan anak bisa melatih daya ingat anak juga menambah perbendaharaan kosakata anak.

  1. Papan tulis

Layaknya papan tulis pada umumnya, papan tulis sebagai mainan anak bisa digunakan sebagai sarana belajar, menggambar, menulis, dll. Ada begitu banyak pilihan papan tulis yang bisa digunakan, papan tulis kapur, papan tulis spidol atau white board, hingga papan tulis yang memiliki basis magnetik.

  1. Dokter-dokteran

Permainan yang sudah ada sejak dahulu kala ini bisa meningkatkan daya imajinasi anak di kala bermain peran menjadi dokter. Anak akan diasah untuk meningkatkan kreativitasnya, menumbuhkan imajinasi, dan harapan mengenai karakter dokter yang baik. Menggunakan mainan ini juga orangtua bisa menanamkan pengetahuan dalam diri anak bahwa dokter bukanlah sosok yang menyeramkan atau patut untuk ditakuti saat imunisasi ataupun berobat.

  1. Busy book

Sesuai dengan namanya, tentu saja mainan ini bertujuan agar membuat anak selalu sibuk dalam beberapa waktu. Buku ini bukan seperti buku pada umumnya, tetapi buku khusus yang dirancang memiliki beberapa permainan di dalamnya yang dirancang untuk mengembangkan kreativitas anak. Biasanya dalam satu busy book mengandung beberapa permainan seperti mencocokkan kartu, menyorting huruf, angka, warna, ataupun bentuk.

  1. Busy board

Konsepnya kurang lebih sama dengan busy book di atas. Busy board juga menyediakan banyak mainan dalam satu wadah atau board/ papan untuk merangsang motori halus anak. Umumnya permainan ini memungkinkan anak untuk belajar banyak hal, mulai dari mengunci pintu, memasang tali sepatu, hingga menghitung kancing, dan lain sebagainya. Secara harga, tentu saja dibandingkan busy book, harga busy board lebih mahal.

Meski pilihan mainan sudah begitu banyak, bukan berarti mainan tersebut menggantikan peran orangtua. Orangtua tetap harus mendampingi anak saat bermain agar tercipta bonding atau ikatan antara anak dan orangtua. Selain itu, anak yang bermain aktif bersama orangtua akan tumbuh menjadi anak yang aktif dan pintar loh!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Read More