10 Kelebihan dan Kekurangan Promosi Pada Bisnis Instagram

Salah satu media sosial tengah berkembang pesat dan banyak digandrungi anak muda ialah instagram. Instagram tidak hanya menjadi media having fun, dengan mengutamakan layanan posting melalui foto dan video membuat aplikasi ini dimanfaatkan oleh banyak pebisnis sebagai lahan mencari keuntungan. Seperti halnya media sosial lainnya, dalam hal promosi ternyata bisnis Instagram juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana yang disajikan berikut, antara lain:

10 Kelebihan dan Kekurangan Promosi Pada Bisnis Instagram

Kelebihan Bisnis Instagram

  1. Tidak berbayar

Anda tidak perlu membayar Untuk menggunakan Instagram. Cukup download atau dapat juga langsung membuka situsnya. Tidak seperti jika menggunakan website yang memiliki variasi harga sewa domain. Oleh karena itu, dibandingkan website pemula dalam bisnis online shop sebaiknya memilih sosial media sekelas Instagram.

  1. Media utama berupa foto

Media ini kerap memberikan tampilan dan kualitas foto yang baik karena memang yang diunggulkan ialah visual dalam foto atau video. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan konsep bisnis online yang mengandalkan foto produk.

  1. Mudah digunakan

Cepatnya Minat masyarakat pada Instagram tidak lepas dari kemudahan penggunaan yang ditawarkan. Mulai dari memfollow, mengunggah foto atau video, memberi like, mengomentari, hingga searching berdasarkan hashtag dapat dilakukan dengan sangat mudah.

  1. Koneksi dengan sosial media lain

Instagram juga memberikan koneksi dengan beberapa sosial media. Sehingga menimbulkan kemudahan tersendiri untuk para pebisnis online shop. Karena, hal tersebut membantu Anda menghemat waktu dengan tidak perlu melakukan posting berkali-kali di media sosial lain.

  1. Kemudahan Promosi

Anda dapat melakukan berbagai promosi menggunakan Instagram dengan sangat mudah. Dari yang gratis dengan menggunakan hashtag, hingga yang berbayar seperti menggunakan jasa edorsement, dan metode paid promote/ shout for shout program.

  1. Banyak digunakan

Sejak di launching pada tahun 2013 hingga saat ini pengguna Instagram di Indonesia semakin banyak. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi para pebisnis online untuk memperoleh keuntungan dengan memasarkan produknya melalui Instagram.

Kekurangan Bisnis Instagram

  1. Harus update secara berkala

Instagram juga memiliki timeline yang hampir sama seperti Twitter yang berjalan sangat cepat. Maka, agar produk dapat dilihat oleh konsumen pemilik online shop harus sesering mungkin melakukan posting foto atau video.

  1. Persaingan yang ketat

Kini, bisnis olshop di Instagram semakin menjamur. Hal ini tentunya membuat persaingan semakin ketat. Mengingat konsumen bisa dengan mudah menemukan olshop yang sejenis dengan milik Anda. Kunci utama menaikkan omset bisnis instagram ialah pelayanan yang ramah serta harga dan kualitas barang yang baik.

  1. Transaksi yang kurang praktis

Instagram memang tidak dirancang sebagai media jual beli. Sehingga ketika ada konsumen yang akan membeli barang wajar saja jika proses transaksinya kurang praktis. Oleh karena itu, sertakan kontak pada bagian profil dan caption pada setiap postingan.

  1. Spamming

Kemudahan interaksi yang ditawarkan Instagram membuat sosial media ini sangat rawan spamming. Umumnya, pada bagian komentarlah terlihat banyak spamming. Anda dapat menyiasati kemungkinan tersebut dengan memberlakukan private pada akun. Sehingga tidak sembarang orang dapat berkomentar pada postingan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *