3 Jenis Peluang Usaha Sampingan yang Bisa Dijalankan di Rumah

Ada banyak jenis peluang usaha yang bisa dijadikan pilihan. Seperti namanya bisnis rumahan adalah usaha yang bisa dikerjakan dirumah, baik produksinya maupun penjualannya. Usaha rumahan bisa lebih fleksibel, modal yang dibutuhkannya pun bisa diminimalisir disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah jenis-jenis peluang usaha rumahan yang bisa Anda jadikan pilihan:

Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha rumahan pertama adalah membuat kerajinan tangan. Ada banyak jenis kerajinan tangan yang bisa Anda jalankan. Usaha kerjainan tangan dikenal dengan istilah home industry.

Jika bisa membuat kerajinan tangan sendiri, Anda bisa meproduksi sendiri untuk awal menjalankan bisnis ini. Jika tidak, Anda bisa mempekerjakan orang lain atau beli langsung ke pusat kerajinan.

Untuk masalah pemasarannya Anda membutuhkan strategi yang tepat, misalnya: bisa menjual eceran, kerjasama dengan toko handmade atau kerjasama dengan Event Organizer (EO) untuk menggunakan produk Anda menjadi souvenir pernikahan. Jika kerjasama berhasil biasanya produk kerajinan Anda dimasukkan ke paket catalog jasa EO.

Peluang bisnis kerajinan tangan sekarang terbuka merambah ke pasar luar negeri, apalagi sekarang jaman jejaring sosial. Anda bisa memanfaakan media sosial untuk publikasi penjualan.  Jika ingin merambah pasar luar negeri sebaiknya buat kerajinan yang identik dengan budaya atau seni tradisi bangsa Indonesia, misalnya: hiasan wayang, gantungan kunci angklung, kerajinan batik dsb.

Baca Juga : Tips Penjualan Bagi Karyawan Mempunyai Kerja Sampingan

Bisnis Makanan

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Di mana-mana kita bisa menemukan orang jualan makanan. Ada makanan kering maupun makanan basah. Oleh sebab itu, karena semakin banyaknya pesaing jika akan menjalankan bisnis ini perlu strategi jitu, mulai dari cita rasanya, penyajiannya hingga promosinya.

Namun pertama kali yang harus Anda pikirkan adalah jenis makanan apa yang akan dijual. Sekarang banyak pecinta kuliner yang akan berburu makanan yang memiliki kualitas dan cita rasa makanan yang lezat dan unik. Jangan lupa untuk melakukan inovasi, bisa dari segi penyajian, rasa atau display tempat.

Bisnis Salon Kecantikan dan Perawatan Kulit

Jaman sekarang salon tidak lagi identik dengan kaum hawa, sekarang banyak pria yang pergi ke salon melakukan perawatan dari kulit rambut hingga kulit kaki. Membuka usaha salon bisa dilakukan dirumah. Untuk awal Anda bisa promosi ke kawan-kawan atau dilingkungan sekitar.

Selain menerima jasa pemotongan dan perawatan rambut, menjalankan bisnis salon bisa sekaligus menerima jasa rias make-up untuk pengantin, wisudaan dan penyewaan kostum. Selain itu Anda bisa juga sekaligus menjual produk kecantikan dan perawatan. Menggabungkan jenis usaha yang masih seirama dengan perawatan kesehatan dan kecantikan kulit menjadi salah satu peluang Anda mendapatkan keuntungan.

Nah, demikian pembahasan mengenai jenis-jenis peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *