4 Cara Ini Bisa Bantu Calon Wirausaha Dapatkan Modal Usaha dengan Cepat

Ketika seseorang memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, maka banyak hal yang sudah mulai direncanakan dengan matang, apa bisnis yang akan dijalankan, dimana lokasinya kemudian berapa budget yang harus dikeluarkan dalam memulainya. Modal usaha selalu menjadi salah satu alasan banyak orang yang memutuskan mundur dari rencana usaha yang akan dibuat tersebut dan memilih pekerjaan aman sebagai seorang karyawan saja. Kesalahan lain yang sering kali dilakukan ketika akan membangun sebuah bisnis diantaranya juga masalah biaya usaha, mereka menentukan berdasarkan berapa uang modal yang dimiliki terlebih dahulu, tanpa melihat pasar.

Padahal skema yang besar disini adalah memulainya dari rencana usaha atau bisnis plan, mengatur berapa anggaran yang akan dikeluarkan, baru kemudian nanti akan mencari modalnya. Dengan demikian hasil juga tidak akan membohongi Anda, karena sudah terstruktur dengan sangat baik. Berbicara mengenai budget ataupun modal yang harus Anda keluarkan dalam memulai sebuah usaha, sebenarnya ada banyak tempat yang bisa Anda datangi untuk mendapatkannya, jika keuangan sendiri tidak mencukupi, diantaranya adalah:

Baca Juga: Cara Mencari Modal Usaha Kecil-kecilan

  1. Pinjaman dari bank, bank sendiri tawarkan 2 macam produk pinjaman modal usaha, diantaranya adalah dengan menggunakan agunan dan juga tanpa keberadaan agunan atau jaminan ini, sehingga tidak ada alasan untuk tidak jadi merealisasikan rencana bisnis yang sudah dibuat sebelumnya. Kriteria meminjam disini juga sangat umum, hanya dengan melengkapi berkas-berkas syarat ditambah dengan keberadaan form yang sudah Anda isi sebelumnya.
  2. Jual aset yang dimiliki, beberapa orang memang tidak memiliki tabungan secara langsung, namun memiliki aset dalam jumlah yang besar, bentuknya bisa emas, kemudian juga tanah atau bangunan, jika set tersebut tidak menghasilkan nilai yang tinggi, tak ada salahnya menjualnya untuk kebutuhan bisnis yang akan digeluti tersebut. Namun jangan semuanya, hanya senilai yang Anda butuhkan saja.
  3. Ajukan pinjaman pada teman atau saudara dekat, terasa gengsi sering kali membuat seseorang malas untuk datang kepada mereka, padahal dibandingkan dengan lembaga keuangan yang lainnya, meminjam pada teman atau saudara adalah pilihan terbaik, dimana Anda tidak perlu membayar ditambah dengan bunga, bahkan bisa dilakukan kapanpun semampunya, namun harus tetap tahu diri.
  4. Datang ke lembaga multifinance, sifatnya tak jauh berbeda dibandingkan dengan bank, hanya saja lembaga yang satu ini biasanya memberikan tenor yang jauh lebih pendek. Anda dapat memanfaatkan aset-aset yang dimiliki sebagai jaminan sebelum mengajukan pinjaman.

Banyak bukan caranya, tak perlu khawatir rencana bisnis terkendala modal usaha, jika ada 1001 cara untuk mendapatkannya. Namun satu hal yang pasti sebelum memutuskan untuk ajukan pinjaman atau jual aset, sebaiknya ketahui terlebih dahulu untung dan juga ruginya ketika ingin bertransaksi kesana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *