4 Ide Bisnis Daur Ulang Barang Bekas untuk Raup Untung Besar

Umumnya, kebanyakan orang akan segera membuang barang-barang bekas tanpa berpikir panjang. Padahal, beberapa barang bekas tertentu justru menyimpan peluang untuk dapat diolah kembali menjadi barang baru layak pakai. Bahkan nilai jual yang dimiliki lumayan. Terlebih untuk memulai bisnis daur ulang barang bekas tidaklah sulit. Mengingat penentu keberhasilan dan modal utamanya bukan uang melainkan kreatifitas yang tinggi. Berikut disajikan ide-ide bisnis mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

4 Ide Bisnis Daur Ulang Barang Bekas untuk Raup Untung Besar

Kain Perca

Siapa sangka dengan berbagai inovasi kain perca bisa disulap menjadi sarung bantal guling, bedcover, alas kaki, tirai, tas, bros, boneka lucu, dan masih banyak lagi. hal ini tentu menghasilkan tampilan yang tidak biasa. Berbagai motif dari potongan kain dijahit kembali sehingga menjadi satu kain baru. hal berbeda inilah yang  justru mampu menarik minat konsumen.

Rapihkan dan bersihkan kain perca dari benang-benang kusut maupun potongan pola-pola yang tidak beraturan. Selanjutnya jahit setiap pinggiran kain untuk menyatukan beberapa perca menjadi kain baru.  agar lebih mudah saat membuat produk Anda bisa memulainya dengan menggaris sebuah pola.

Palet Kayu Bekas

Ternyata palet kayu bekas bisa diolah kembali menjadi barang pakai dengan harga sangat tinggi. Karena, kini furniture dari barang-barang industri bekas banyak dipakai rumah, perkantoran atau kafe-kafe. Mulai dari meja, bangku atau sofa, rak kecil, tempat tidur dan sebagainya.

Bisnis daur ulang satu ini memang membutuhkan modal yang cukup ditambah peralatan pendukung lainnya untuk menjadi sebuah produk. Namun, janganlah khawatir, karena hal tersebut akan sebanding dengan omset yang akan diperoleh jika bisnis yang dijalankan berhasil. Pastikan produk yang Anda ciptakan unik, bagus dan rapih sehingga menarik banyak konsumen.

Koran atau Majalah Bekas

Anda bisa mengolah kembali tumpukan majalah dan koran bekas menjadi produk yang bisa dimanfaatkan kembali seperti tas, tempat tisu, tempat buah, guci, vas bunga, keranjang, jam dinding dan masih banyak lagi. Banyaknya keuntungan yang Anda peroleh dari bisnis daur ulang koran atau majalah bekas ini disesuaikan dengan keunikan serta tingkat kesulitan saat membuat produknya.

Pembuatan produknya sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

       (1) menggulung kertas  lalu disusun atau dianyam.

       (2) kertas yang dibentuk lipatan kecil kemudian dianyam.

Sebelum membuat profuk Anda harus menentukan hal ini terlebih dahulu sesuai yang akan dibuat nantinya.

Bungkusan Minuman Seduh atau Deterjen

Bungkus-bungkus minuman, detergen, shampoo, susu dan sebagainya menjadi bahan dasar dari berbagai produk yang mempunyai nilai jual seperti tas, dompet, tempat tisu, tempelan kulkas dan sebagainya. Karena modal yang dibutuhkan tidak banyak, bisa diperkirakan Anda akan mendapatkan keuntungan lebih asalkan kreatif dalam mengolahnya.

Anda bisa memulainya dengan membersihkan bungkusan yang telah terkumpul dari sisa-sisa detergen atau makanan dengan mencucinya terlebih dahulu menggunakan air. Anda bisa memulai proses menganyam setelah memastikan bahan dasar tersebut kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *