5 Jenis Strategi Marketing yang Patut Dicoba dalam Mengembangkan Bisnis Online

Salah satu bidang bisnis yang sangat menjanjikan di tahun 2018 ini adalah bisnis di bidang digital. Pastinya sudah cukup kenal dengan jenis usaha yang satu ini. Jenis usaha yang berbasis internet dan juga teknologi. Sudah banyak yang mendapatkan kesuksesan dengan memulai bisnis tersebut. Sehingga tak jarang juga para pelaku usaha yang tertarik untuk terjun ke bidang tersebut, salah satunya adalah dengan menjajal bisnis online. Strategi marketing untuk usaha yang satu ini pastinya berbeda dibandingkan dengan bisnis pada umumnya, karena lebih banyak mencakup kepada internet.

Tentunya target market yang diraih pun juga tidak bisa dikatakan sedikit, karena pemasaran dilakukan dengan sistem online, maka cakupan konsumennya juga jadi jauh lebih banyak, bahkan bisa hingga ke luar negeri. Anda yang sekiranya tertarik untuk menjajal usaha berbasis online ini, maka berikut ada beberapa strategi marketing bisnis online yang bisa dicoba, diantaranya adalah:

  1. Menjual berbagai macam jenis produk, pastinya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bahwa segmen untuk pengguna internet sendiri sangat beragam, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Hal inilah yang terkadang membuat pelaku usaha pemula bingung dalam memilih jenis barang untuk dijual. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menawarkan berbagai pilihan produk terlebih dahulu, setelah mengetahui apa yang paling banyak dibeli oleh konsumen, maka itulah yang hendaknya dijual dikemudian hari.
  2. Untuk menghindari kemungkinan kerugian, maka bisa memulai bisnis sistem dropship. Pastinya sudah sangat mengenal bahwa usaha apapun jenisnya sangat rentan mengalami resiko kerugian, untuk mencegah hal tersebut biasanya pelaku bisnis memulainya dengan bisnis sistem dropship. Dimana mereka menjual barang tanpa menyetok produknya, sehingga tidak harus menanggung resiko kerugian.
  3. Menjajal semua media penjualan yang gratisan atau tanpa membayar, ada banyak media atau tempat penjualan yang ditawarkan gratisan, diantaranya adalah market place yang dapat dihuni oleh siapa saja tanpa harus keluarkan biaya. Dengan membuat akun untuk semua media penjualan ini memungkinkan target yang diraih tentu jadi semakin banyak.
  4. Jangan lupakan media sosial, apalagi yang memiliki banyak jejaring pertemanan atau followers, ini akan sangat berguna sebagai media penjualan gratisan dan juga hasilnya jauh lebih efektif. Banyak diantara para pelaku usaha online yang sukses berbisnis dengan mengandalkan jejaring sosial sebagai media penjualan.
  5. Manfaatkan SEO untuk pemasaran via toko online sendiri atau website, ini akan sangat berperan dalam meningkatkan traffic pengunjung, karena website Anda masuk di halaman pertama pencarian.

Strategi marketing bisnis online tersebut agaknya bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan secara online, guna mengembangkan bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *