8 Cara Jitu Membuka Bisnis Tanpa Modal

Sebenarnya peluang bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal ada banyak. Hal yang sulit justru konsisten mengembangkan usaha dan mempertahankan bisnis tersebut. Terburu-buru memulai strategi bisa menyebabkan bisnis gagal di tengah jalan. Oleh karena itu, Sebelum memulai usaha, tentukan target market dan ketahui dahulu siapa pelanggan Anda. Jika Anda memiliki ide-ide inovatif tapi minim modal, mungkin Anda bisa mendapat inspirasi dari 8 tips bisnis tanpa modal berikut.

8 Cara Jitu Membuka Bisnis Tanpa Modal

  1. Meminjam Modal

Salah satu solusi dana untuk bisnis Anda adalah meminjam modal usaha. Anda bisa meminjamnya dari teman atau jika memungkinkan orang tua. Selama bisnis berjalan, kembalikan hutang tersebut dari penghasilan yang diperoleh. Pastikan Anda berhasil meyakinkan mereka jika usaha Anda akan memperoleh hasil.

  1. Mencari Partner Kerja

Anda bisa menawarkan kerjasama pada kenalan terpercaya jika modal usaha untuk memulai bisnis sangat mahal. Presentasikan ide Anda, kemudian sementara partner Anda yang akan mengurus semua modal usahanya tawarkan jasa yang bisa Anda lakukan. Kerjasama ini bisa menjadi simbiosis mutualisme bagi Anda dan partner karena Anda dapat merealisasikan ide sementara partner Anda pun tak perlu repot mengurusi operasional bisnisnya.

  1. Cari Kerja Part Time

Salah satu teknik mengumpulkan modal adalah dengan Bekerja secara paruh waktu. Tanpa harus meminjam modal atau memecah tabungan Anda dapat menyisihkan gaji untuk membangun bisnis mulai dari 0.

  1. Menjual Barang Bekas

Kini, tersedia portal jual beli yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang second. Tapi, agar konsumen tidak kecele, jangan lupa untuk menuliskan informasi tentang kondisi barang yang akan Anda jual. Bisnis tanpa modal tentu bisa Anda jalankan dengan Menjual barang bekas karena barang tersebut mungkin sudah lama berada di gudang Anda. Daripada dibuang sia-sia, sebuah bisnis baru bisa Anda bangun dengan modal dari hasil menjual barang bekas tersebut.

  1. Bernegosiasi dengan Pihak Perbankan

Calon pelaku bisnis harus pintar bernegosiasi. Memperoleh modal dan memulai bisnis ada banyak cara, tetapi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan juga perlu teknik bernegosiasi. Jika Anda tidak bisa meyakinkan mereka akan potensi bisnis yang Anda tawarkan, sebuah bank tidak akan serta merta memberikan pinjaman.

  1. Fokus Bekerja

Mulailah bisnis Anda dengan penuh kesadaran. Jika di awal pembukaan profit yang didapat masih sedikit Anda harus memakluminya, dan sadar bila belum bisa balik modal. Jangan menyerah dan teruslah fokus mengembangkan bisnis tersebut dengan selalu mengevaluasi kegagalan.

  1. Ubah Rumah Jadi Kantor

Saat ini harga sewa tempat perkantoran tidak murah. Jika skala bisnis Anda masih kecil, manfaatkan saja salah satu ruang kosong di dalam rumah atau garasi rumah Anda untuk digunakan sebagai kantor. Bisnis tanpa modal sewa perkantoran bisa mulai Anda bangun dengan tenang.

  1. Membuat Website atau Blog

Tersedia banyak portal yang menawarkan pembuatan website gratis. Website menjadi salah satu media efektif bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk memasarkan produk. Dengan membagikan info ke akun jejaring sosial pribadi Anda bisa menggaet banyak konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *