Apa Itu Online Marketing?

Apa itu online marketing? Inilah pertanyaan yang masih sering menjadi rancu dalam benak masyarakat awam. Banyak orang yang mengira bahwa online marketing merupakan sebuah metode penjualan yang memanfaatkan intenet. Sebenarnya, pengertian ini tak seutuhnya salah. Tapi, juga bukan jawaban yang tepat. Karena, bila untuk sekedar penjualan saja, sebenarnya itu bisa kita masukkan pada kategori bisnis online saja. Online marketing sebenarnya jauh lebih kompleks dari itu. Karena online marketing merupakan salah satu tools atau skill yang dipergunakan untuk memasarkan sesuatu. Secara garis besar online marketing dipilah dalam beberapa segmen. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan singkatnya:

  • Online Marketing By PPC (Paid Per Click)

Jika anda gemar berselancar pada situs situs atau blog, anda barangkali akan menemui beberapa flyer iklan di beberapa posisi pada website tersebut. Iklannya pun macam-macam, dari online shop sampai portal portal situs popular. Dan, biasanya inilah yang biasanya disebut sebagai PPC atau Paid Per Click. Biasanya dari adsense atau yang lainnya. Setiap kali anda mengeklik iklan tersebut, sang pemilik halaman itu akan mendapat fee untuk per clicknya. Jadi, anda bisa pula mencoba PPC ini.

  • Online Marketing By PPS (Paid Per Sales)

Selain system online marketing yang didasarkan dari banyaknya jumlah klik dari pengunjung, sebenarnya juga ada pula online marketing yang didasarkan dari jumlah berapa produk yang dibeli oleh si pengunjung situs. Jadi pengunjung tak saja mengunjungi situs tersebut, tetapi juga menjadi langsung membeli produk yang ada pada flyer iklan. Dan cara metode ini sebenarnya sangat kompleks. Karena kita tahu, sangat sulit mencari pengunjung blog yang tiba-tiba mengeklik salah satu iklan dan membeli produk tersebut. Namun, jangan khawatir dengan honor untuk system ini. Tentunya jumlahnya jauh lebih besar ketimbang jumlah online marketing dengan system per klik.

Baca Juga:  Pembahasan Seputar Jenis-Jenis Online Marketing

  • Online Marketing By PPL ( Paid Per Lead)

Online marketing jenis ini sebenarnya tak jauh beda dengan online marketing yang didasarkan dengan jumlah klik. Bedanya, ini didasarkan dari pengarahan iklan itu mengantarkan sang pengunjung. Jadi bukan dari klik semata. Tapi juga dari arahan langsung menuju situs itu.

  • Online Marketing By SEO ( Search Engine Optimizer)

Dan salah satu online marketing yang paling sering digunakan adalah Search Engine Optimer, atau salah satu metode untuk membuat konten kita menjadi nomor satu dalam tautan mesin pencarian google. Inilah salah satu metode yang paling digemari. Karena, dengan menempati urutan pertama mesin pencarian google, maka konten kita mudah sekali diserbu oleh siapapun. Namun, karena metode ini cukup tricky, maka jarang ada orang yang rajin mengembangkannya.

Berikut tadi adalah beberapa metode online marketing yang bisa anda coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *