Banyak Berita Jual Beli Yang Berhubungan Dengan Customer Happiness Dan Perlu Menjadi Perhatian

Pembeli adalah Raja” pepatah mengatakan. Tentu kita ingat pelajaran tentang pepatah waktu sekolah dasar dulu. Ketika pembeli adalah raja, maka semua titah pembeli berhak diberikan oleh penjual. Apa benar demikian? Menurut portal berita jual beli terkini, tidak selamanya pembeli adalah raja karena sekarang pembeli pun perlu mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh penjual. Namun, setelah ketentuan-ketentuan tersebut terpenuhi, barulah pembeli ‘seakan-akan’ menjadi raja. Pembeli bisa memilih dengan bebas barang yang ia mau, kemana barang tersebut akan dikirim dan bagaimana pembayaran yang diinginkan. Pembeli juga bisa protes jika barang yang di kirim terlambat sampai atau bahkan kualitas yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Atau hal-hal lain yang cuma sebatas protes. Begitulah ‘Pembeli adalah Raja’ kini bermakna. Sebatas protes namun tidak lebih, itu saja yang bisa dilakukan jika terjadi hal-hal di luar kesepakatan. Kebahagiaan pelanggan atau atau bisa juga disebut customer happiness ialah sebatas menerima produk yang dipesan sampai di tempatnya berdomisili. Kini, begitu banyak berita jual beli yang berhubungan dengan customer happiness dan perlu menjadi perhatian pemberi jasa dan para pengembang bisnis online.

Mengapa demikian? Apa yang menjadikan customer happiness menjadi penting? Jika mengingat kembali pepatah diatas, tentunya penjual atau pengembang bisnis sadar ahwa tanpa customer, usaha mereka tidak akan berjalan dengan baik dan benar. Mereka tidak akan bisa menjual produk dan tidak akan mendapat keuntungan dari roda transaksi. Dan saat ini, jika kepuasan pelanggan cuma dihargai sebatas sampainya barang atau produk yang dipesan maka menurut hemat saya, pandangan tersebut perlu diubah. Dan hal itu bisa di mulai dari hal sederhana. Ambil contoh perusahaan Buffer.com yang mengedepankan customer happiness sebagai promosi mereka kepada calon pelanggan. Mereka menjanjikan kecepatan dan ketepatan respon tim Happiness dalam membalas email pertanyaan dari customer. Ini cuma contoh sederhana namun penting untuk diikuti. Interaksi antara penjual dan pembeli, klien dan pekerja akan menjadi lebih dekat jika ikatan emosional sudah terjalin. interaksi antara mereka dalam berbagi informasi mengenai apapun akan lebih terbuka. Informasi berita jual beli, informasi promosi terbaru, informasi diskon atau kumpul bersama akan lebih terasa seperti keluarga. Kita tidak bisa melupakan sifat dasar manusa yang cenderung untuk berkumpul dan berinteraksi, bukan hanya di dunia maya namun juga di dunia nyata, keinginan untuk berkomunikasi dan berkomunitas. Jika hal ini difasilitasi dengan layak, maka dengan mudah akan menjalin hubungan komunikasi yang baik.

Baca Juga:Kepada Para Konsumen Yang Beli Online

Beberapa hal mendasar dalam berinteraksi sosial dalam dunia maya sangat di dukung oleh seringnya interaksi di dunia nyata. Hal ini akan terus terjadi hingga tercapainya kebahagiaan bersama. Semoga ulasan singkat ini menjadi referensi bacaan bagi mereka yang membutuhkan, terutama mereka yang sedang berbisnis dan berusaha online. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *