Beberapa Tips Penjualan Dan Menjalin Hubungan

Kemarin di toko buku, saya menemukan sebuah buku dengan cover yang menarik di bagian Marketing. Buku tersebut berwarna merah cerah dan berjudul Unmarketing: Berhenti jualan dan menjalin hubungan. Entah, judul itu terasa pas saja di mata dan di pikiran dan sepertinya cocok untuk dijadikan bahan untuk tips penjualan. Dengan skimming, buku tersebut saya baca dan dari buku itu pula pelajaran utama yang bsia saya simpulkan sementara dalam dunia marketing adalah konsistensi dan persistensi. “Gagal cuma keberhasilan yang tertunda” menurut situs kutipan di dunia maya. Dan memang benar adanya. Tidak selamanya keberhasilan akan di dapatkan dalam berjualan. Namun jika terus dilakukan tanpa mengenal kata menyerah, bekerja secara efektif dan efisien, maka pada waktunya hasil yang cemerlang pun akan di dapat. Beberapa tips penjualan dan menjalin hubungan pun terangkum dengan baik pada buku tersebut.

Menjalin hubungan itu susah-susah gampang. Tidak semua orang bisa. Kata kunci cuma satu, yaitu komunikasi. Dengan baik dalam berkomunikasi, modal awal yang dibutuhkan seorang marketing sudah dimiliki. Memang pengembangan dari moda tersebut sangatlah banyak dan perlu waktu untuk mempelajarinya. Bagi mereka yang memang sekolah dan mendapatkan gelar dalam dunia marketing, akan lebih memahami teori-teori yang mendasari praktek di lapangan. Bahkan mereka akan dapat memberikan tips penjualan ke orang lain yang baru belajar mengenal dunia marketing. Namun jangan berkecil hati, tidak sedikit pula yang belajar marketing secara otodidak dan tingkat kesuksesan seseorang bukanlah dari besar atau kecil pendapatan, namun, adalah berapa banyak jaringan yang di miliki oleh marketer tersebut, bahkan ketika ia sudah tidak aktif dalam dunia marketing tersebut.

Baca Juga : Banyak Berita Jual Beli Yang Berhubungan Dengan Customer Happiness Dan Perlu Menjadi Perhatian

Menjalin hubungan di dasari oleh kepercayaan. Tanpa kepercayaan, takkan ada hubungan baik antara konsumen dan produsen. Dan kepercayaan tersebut dibangun oleh rekan-rekan dari dunia marketing. Mereka lah ujung tombak dari produk yang akan di jual. Dan mereka pula yang akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dalam proses jual beli tadi. Tanggung jawab yang mereka pikul tidaklah kecil, dan itulah letak tantangannya. Tentu ada tips penjualan tersendiri mengenai hal ini.

Setelah berhasil menjual, bukan berarti pekerjaan marketing selesai, justru baru saja dimulai. Dengan menjaga hubungan dengan konsumen, maka prospek penjualan di masa mendatang akan terbuka lebar. Hal tersebut dilakukan secara simultan dengan mencari prospek konsumen lain yang akan menjaga roda penjualan terus berputar.

Menjaga hubungan itu yang  perlu menjadiperhatian, karena dalam menjaga itu lebih sulit daripada memulai suatu hubungan. Setidaknya, itu yang tersirat dalam teori yang saya baca. Bagaimana dengan prakteknya? Mari kita buktikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *