Benarkah Endorse Meningkatkan Penjualan Produk Bisnis Online?

Akhir-akhir ini, pengguna aplikasi media sosial instagram semakin ramai. Hal tersebutlah yang membuat para pebisnis mempertimbangkannya sebagai media promosi. Di instagram sendiri terdapat beragam cara promosi yakni dengan endorse, sfs instagram dan paid promote di instagram. Diantara ketiganya, yang paling populer digunakan ialah endorse. Instagram dipertimbangkan sebagai salah satu media promosi karena penggunanya yang melonjak banyak dan semakin ramai. Lalu, benarkah endorse merupakan cara efektif meningkatkan omset bisnis online?

Benarkah Endorse Meningkatkan Penjualan Produk Bisnis Online?

Karakteristik Instagram Sebagai Media Promosi

Media sosial lain seperti twitter dan facebook mengandalkan foto sekaligus narasi pendamping atau kata-kata. Tapi, dalam instagram cenderung mementingkan kekuatan visual. Karena memang aplikasi ini menyediakan fitur berupa unggahan foto. Penekanannya adalah pada gambar yang dipajang pada akun yang bersangkutan.

Tips bagi olshop untuk menggunakan instagram pun mudah. Sebelumnya, unduh aplikasi ini melalui playstore. Lalu, buatlah akun menggunakan alamat email yang aktif. Setelah melalui serangkaian proses, maka akun sudah bisa digunakan.

Foto yang diunggah merupakan Bentuk utama dari instagram. Maka, buatlah foto yang baik dan jernih ketika hendak menggunakannya sebagai media promosi bisnis online untuk menarik minat calon para pembeli. Setelah itu, unggah lengkap dengan caption yang berisi mengenai informasi produk seperti jenis, bahan, harga, ukuran dan sebagainya. Jangan lupa untuk memberi hashtag yang kira-kira akan banyak dicari oleh para pengguna instagram.

Endorse Untuk Meningkatkan Pembelian

Arti endorse Secara literer ialah dukungan atau promosi mengenai sebuah produk yang dijual baik konvensional maupun online. Saat digunakan pada instagram tentu saja berarti produk online. Biasanya, Pelaku endorse jasa promosi ialah orang-orang yang terkenal dan memiliki banyak followers seperti artis atau selebgram. Sehingga, akun jualan yang ditampilkan pada akun artis tersebut pun mendapat banyak perhatian dari fansnya. Dari sinilah harapan seller memperoleh banyak konsumen yang akan membeli produk olshopnya.

Sebelumnya, tujuan dari endorse ialah agar calon konsumen aware atau mengenal produk yang dijual seller. Namun, dalam Instagram, promosi endorse bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Karena, dengan meng-endorse artis yang tepat berpotensi meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Tidak menutup kemungkinan akan timbul pemikiran: jika artis itu saja mengenakan produk dari seller tertentu, kualitas barangnya pasti sudah terjamin. Dari situ, muncullah keinginan untuk melihat-lihat produk hingga melakukan transaksi pada seller yang bekerja endorse dengan si artis.

Jadi, bisa dikatakan bahwa cara promo di instagram dengan endorse sangat membantu meningkatkan penjualan produk. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi tingkat kepopuleran artis, maka biaya endorse yang harus dikeluarkan seller juga semakin tinggi. Begitupun jika followersnya semakin banyak tentu biaya endorse nya akan semakin mahal pula. Meskipun begitu, media promosi endorse sebagai iklan bisnis online cukup efektif dan memiliki daya jangkau yang luas. Terlebih jika calon pembeli sangat mengidolakan artis yang mengendorse. Hal ini merupakan salah satu tips jualan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *