Berita Saham Hari Ini dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya

Saham adalah tanda atau modal perseroan terbatas. Tujuan para pemodal membeli saham adalah untuk memperoleh penghasilan atau keuntungan dari saham tersebut. Jika Anda mencari info berita saham, saham akan berubah-rubah. Misalnya harga saham di bursa efek ditentukan oleh dua faktor yaitu permintaan dan penawaran.

Jika permintaan suatu saham meningkat maka harga saham tersebut cenderung akan mengalami peningkatan juga. Sebaliknya jika banyak orang yang menjual saham tersebut maka harga saham cenderung mengalami penurunan.

Nah bagi Anda yang bisnis jual beli saham khususnya para pemula, wajib mengetahui berita saham, mengetahui apakah saham akan mengalami penurunan atau peningkatan. Memantau harga saham bisa dijadikan prediksi atau analisis yang bermanfaat sehingga spekulasi yang Anda buat tepat.

Baca Juga:Tips Meningkatkan Peluang Usaha Secara Efektif

Salah satu hal yang wajib diketahui oleh penanam saham (investor) adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham di pasar saham. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal dan eksternal. Harga saham di pasar modal akan selalu berfluktuasi dan ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Berikut adalah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi harga saham:

Faktor Internal

  • Pengumuman mengenai pemasaran, penjualan, rincian kontrak, perubahan harga, laporan produksi, keamanan produk, penarikan produk baru dan laporan penjualan.
  • Pengumuman pendanaan, seperti: yang berhubungan dengan hutang dan ekuitas.
  • Pengumuman perubahan badan direksi misalnya pergantian direktur, peribahan struktur organisasi.
  • Pengumuman kondisi tenaga kerja, misalnya: kontrak baru, pemogokan, negosiasi baru dsb.
  • Pengumuman investasi, misalnya: melakukan pengembangan riset, penutupan usaha, ekspansi dsb.
  • Pengumuman pengalihan diversifikasi, misalnya: laporan investasi, diakuisasi, pengakusisian, laporan merger dsb.
  • Laporan keuangan perusahaan misalnya yang menyangkut laporan spekulasi laba sebelum akhir tahun dan setelah akhir tahun fisikal, return on assets dan lain-lain

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang bisa mempengaruhi harga saham di pasar modal adalah:

  • Pengumuman dari pemerintah, misalnya: terjadi perubahan suku bunga dan deposito, terjadinya inflasi, kurs mata uang asing dan deregulasi, regulasi ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintahan.
  • Pengumuman aturan hukum, misalnya: tuntutan karyawan terhadap perusahaan, tuntutan perusahaan ke manajernya dsb.
  • Terjadi gejolak atau situasi politik di dalam negeri, fluktuasi nilai tukar rupiah yang berpengaruh pada perubahan/ pergerakan harga saham di bursa efek.
  • Pengumuman industry sekuritas, misalnya laporan penemuan tahunan, volume atau banyaknya harga saham yang diperdagangkan, harga saham perdagangan, penundaan atau pembatasan trading.
  • Berbagai jenis isu baik yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu kondisi makro ekonomi menjadi salah satu faktor harga saham di berita saham. Misalnya terjadi inflasi yang tinggi, pengangguran yang tinggi dan ketidakstabilan kondisi politik dan keamanan bisa mempengaruhi perdagangan di bursa efek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *