Berita Saham Mengenai Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Berita saham menjadi salah satu informasi yang dicari oleh para investor saham. Mengetahui harga saham dan perkembangannya dari waktu ke waktu menjadi sangat penting. Karena dengan mengetahui kondisi di bursa efek, investor bisa mengetahui situasi dan kondisi saat itu dan untuk membuat prediksi kedepan.

Salah satu berita saham yang  dijadikan penilaian kinerja adalah laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan menjadi informasi penting yang menggambarkan atau untuk penilaian kinerja perusahaan. Apalagi jika perusahaan sahamnya sudah tercatat dan diperdagangkan di bursa efek.

Dengan adanya informasi keuangan, investor dapat memberikan analisis mengenai kinerja perusahaan yang juga mencerminkan fundamental perusahaan yang bisa dijadikan keputusan. Selain itu angka-angka yang terdapat pada laporan keuangan memperlihatkan kemampuan manajemen perusahaan. Itu sebabnya mengapa berita saham mengenai laporan keuangan menjadi sangat penting bagi para investor. Berikut ini adalah jenis-jenis laporan keuangan perusahaan :

  • Neraca

Neraca adalah lapran keuangan yang menggambarkan posisi keuangan untuk menunjukkan asset, kewajiban dan ekuitas dari perusahaan pada waktu tertentu.

  • Laporan keuangan laba dan rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan ringkasan segala aktivitas usaha perusahaan dalam waktu atau pada periode tertentu.

  • Laporan perubahan ekuitas

Laporan  keuangan perubahan ekuitas adalah laporan yang menunjukkan adanya perubahan, baik peningkatan maupun penurunan aktiva bersih selama periode pelaporan.

  • Laporan arus kas

Laporan keuangan arus kas adalah laporan yang menunjukkan pengeluaran dan penerimaan kas dalam kegiatan atau aktivitas perusahaan yang terjadi selama periode tertentu. Laporan arus kas diklasifikasikan menurut aktivitas operasi, pendanaan dan investasi. Dari laporan ini, investor bisa mengetahui apa yang sesungguhnya sedang terjadi di perusahaan.

  • Catatan atas semua laporan keuangan

Catatan laporan keuangan perusaan adalah catatan yang memberikan penjelasan mengenai gambaran umum perusahaan, kebijakan akuntasi, penjelasan setiap pos laporan keuangan dan informasi penting lainnya.

Cara Menganalisis Laporan Keuangan Perusahaan

Untuk membaca laporan keuangan harus diolah terlebih dahulu, caranya bisa dengan menggunakan rasio keuangan. Cara menganalisa laporan keuangan ini bisa membantu Anda melakukan analisis kinerja keuangan perusahaan.

Selain itu, Anda bisa membandingkannya dengan rasio-rasio sebelumnya. Minimal membandingkan selama 5 tahun kebelakang jika ingin mengetahui tren bisnisnya. Untuk mengetahui angka rasio perusahaan, Anda harus melakukan perbandingan dengan rasio dari perusahaan lain yang berada disektor sejenis.

Dengan adanya laporan keuangan, investor bisa melakukan analisis kinerja perusahaan termasuk untuk memutuskan investasi. Rasio keuangan dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu: rasio aktivitas, likuiditas, rasio utang atau rasio kemampuan dan rasio saham.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya laporan keuangan perusahaan bagi para investor. Nah, jika Anda baru memulai investasi saham, jangan lupa mencari seputar berita saham yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *