Bingung Memulai Bisnis Daur Ulang? Simak 4 Tips Ini!

Pernahkah Anda mendengar mengenai bisnis daur ulang? Jadi bisnis jenis ini merupakan bisnis dengan produk yang didapatkan dari proses pengolahan sampah, limbah, atau apapun yang sudah tidak terpakai lagi. Meskipun identik dengan pemulung ternyata ketika ditekuni bisnis satu ini bisa menghasilkan omzet yang tinggi dan tentunya bisa membuat dompet pengelolanya semakin gendut. Kini semakin banyak orang yang tertarik untuk menjajal peruntungan di bisnis satu ini, dan Anda sendiri apakah merasa tertarik juga?

 Bingung Memulai Bisnis Daur Ulang? Simak 4 Tips Ini!

Tertarik saja tentu tidak cukup Anda mesti tahu bagaimana menekuni dan mengelola bisnis jenis ini, dan simak tips berikut untuk bisa memulainya dengan benar:  

  • Mempersiapkan keperluan modal,

Semua usaha meski kecil dijamin butuh modal dan hal ini juga berlaku untuk bisnis yang mendaur ulang sampah jenis apapun. Sebab Anda perlu menjalin kerjasama dengan pemulung atau pengelola TPA, kemudian perlu membeli peralatan untuk mulai proses daur ulang. Jadi silahkan survei ke lapangan untuk menghitung dengan detail kebutuhan modal yang memang dibutuhkan. Jika modal belum cukup bisa menunggu dengan mengasah kreatifitas mengolah sampah.

  • Siapkan area yang luas untuk lokasi usaha,

Berhubung bisnis daur ulang erat kaitannya dengan sampah maka Anda akan menerima setoran sampah yang dibutuhkan dalam jumlah lumayan. Mengandalkan rumah yang Anda tempati tentu terasa kurang maksimal jadi siapkan lahan yang luas. Beruntung jika rumah Anda punya halaman yang lumayan lebar sehingga tidak perlu menyewa lahan kosong untuk memulai bisnis ini. Lahan yang luas membantu proses sortir, menimbang, dan mengolah semua sampah yang bisa di daur ulang dengan nyaman.

  • Punya kreasi dari barang bekas,

Sebelum mulai mengumpulkan sampah memang idealnya Anda sudah tahu hendak membuat apa dari sampah tersebut. Tak semua sampah bisa dengan mudah diproses menjadi barang yang bisa diberdayakan kembali. mayoritas adalah sampah dari plastik baik gelas maupun botol plastik yang nanti bisa dibuat menjadi pot tanaman, ember rumah tangga, dan lain sebagainya. Ada pula pengrajin dari sampah kulit telur atau cangkang telur untuk dijadikan hiasan dinding. Baiknya kenali kreatifitas Anda akan membuat apa sehingga tak asal menabung sampah untuk di daur ulang.

  • Menentukan dan mengumpulkan bahan baku,

Langkah terakhir adalah mulai mencari dan mengumpulkan bahan baku yakni sampah tadi dan jenisnya beragam. Disesuaikan dengan kreatifitas Anda, karena yang namanya kreatif dijamin sampah tak berguna bisa diubah menjadi produk yang lebih berguna. Anda bisa bekerjasama dengan para pemulung untuk menampung hasil pencarian mereka dari sampah yang Anda butuhkan. Kemudian lakukan penyortiran untuk mendapatkan sampah yang kondisinya masih bisa diproses, sehingga bisnis daur ulang sudah bisa dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *