Bisnis Internet Traveling, Surga Bagi Para Pejalan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki total garis pantai 99.093 kilometer dan ratusan gunung berapi. Memiliki morfologi atau bentang alam yang bervariasi dari 0 mdpl hingga hampir 5000 mdpl ( tinggi Puncak Jaya adalah 4.884 mpdl). Iklim Indonesia adalah iklim tropis, terletak di ekuator, memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Fakta-fakta tadi memberikan gambaran bahwa Indonesia merupakan lokasi yang baik untuk bisnis internet traveling, surga bagi para pejalan, pengelana, pemerhati, penggiat dan penikmat alam. Karena pengaruh lingkungan yang kaya akan sumber daya alam, peluang bisnis pariwisata pun menjamur di negara ini. Bahkan, masyarakat mancanegara lebih mengetahui Bali sebagai suatu negara daripada Indonesia. Kesalahpahaman ini masih sering terdengar di berbagai forum traveling yang ada di dunia maya.

Dengan semua kekayaan tersebut, bangsa kita masih belum bisa mengelola pariwisata Indonesia dengan baik dan benar. Pihak Kementerian Pariwisata tentunya sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengenalkan Indonesia ke mata mancanegara melalui Divisi Mancanegara. Divisi Nusantara yang bertanggung jawab dengan kepentingan pariwisata Indonesia sepertinya masih tertatih-tatih mengelolanya. Timbullah lembaga swadaya masyarakat yang berusaha membantu dan mengenalkan kekayaan alam Indonesia secara langsung kepada masyarakat dunia. Salah satu yang pernah berjumpa dengan penulis adalah Bang Boski dari Wisata Bahari Indonesia dan Kakak Sania dari Indotrekker. Mereka hanyalah segelintir dari pemain dalam bisnis internet yang memasarkan pariwisata Indonesia. Dan tidak seperti dulu, kini berjualan perjalanan ke lokasi pariwisata tidak perlu terlalu repot mengurus tiket dan harus mengantri atau memesan penginapan dari jauh hari supaya kebagian kamar atau pusing memikirkan kelebihan bagasi ketika dalam perjalanan. Sekarang semua sudah terintegrasi dalam satu website dengan link ke situs terkait yang menyediakan jasa ticketing, kamar penginapan bahkan hingga pemesanan meja di restoran yang anda pilih. Semua ini menjadi satu paket penawaran yang ditawarkan oleh agen travel yang anda gunakan.

Baca Juga : Memilih Toko Online Jual Kasur Angin

Memang kembali kepada konsumen yang ingin menggunakan jasa mereka, sehingga tidak repot mengurus semua sendiri dan tinggal menikmati liburan dan perjalanan anda. Setidaknya demikian yang diharapkan oleh agen travel. Semua layanan yang ditawarkan ada harganya. Namun terkadang ada juga wisatawan yang hanya ingin sebagian dari paket yang ditawarkan karena sudah menyiapkan sendiri keperluan lainnya. Ada beberapa agen perjalanan yang fleksibel jika menghadapi wisatawan tipe ini, ada pula yang tidak. Dan tentunya ada pula agen perjalanan yang hanya memikirkan keuntungan. Semua kembali kepada reputasi dan pelayanan yang ditawarkan oleh bisnis internet ini.
Jadi, selamat berlibur dan menikmati waktu anda di tempat-tempat pariwisata Indonesia yang terkenal ramah dan selamat menjadi usahawan traveling bagi mereka yang ingin mencoba bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *