Bisnis Tanaman Hias, Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Bisnis tanaman hias bisa dikatakan sebagai usaha modal kecil yang potensial untuk sekarang dan di masa yang akan datang. Tetapi, bila Anda ingin serius untuk menekuni bisnis ini, lebih baik Anda mempelajari mengenai seluk beluk tanaman hias. Selain itu jangan lupa mempersiapkan semuanya sehingga tidak terjebak pada trend bisnis tanaman hias. Pada dasarnya, persiapan dalam membuka sebuah usaha hampir sama, hanya terdapat beberapa pokok yang sedikit berbeda. jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

Pertama, pengetahuan mengenai tanaman hias. Sepertinya akan sulit bila ingin membuka usaha tanaman hias tetapi tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai tanaman hias tersebut. Mungkin semua bisnis demikian, namun untuk tanaman hias tidak dapat ditunda. Anda harus mempunyai pengetahuan dasar yang cukup mumpuni agar bisa membuka usaha tersebut. Karena, bila tidak mempunyai dasar pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias, tidak menutup kemungkinan tanaman hias yang akan dijadikan sebagai bisnis, atau yang akan dijual malah layu dan mati.

Kedua, menggunakan lokasi yang strategis. Usaha modal kecil ini akan lebih kecil jika lokasinya berada di rumah Anda. lokasi dapat menjadi kunci sukses untuk menjalankan bisnis ini. sudah pasti lokasi yang potensial ialah lokasi yang mudah dijangkau atau ramai calon konsumen. Tetapi bila tidak mempunyai lokasi tersebut, Anda bisa menggunakan yang ada terlebih dulu. Pertimbangkan area yang luas untuk usaha, karena bisnis tanaman hias memerlukan area yang luas untuk memajang tanaman. Selain pertimbangan tersebut, yang harus diperhatikan adalah kesesuaian suhu daerah dengan tanaman yang akan dijual. Bila tanaman tidak cocok, dapat dipastikan tidak bisa maksimal.

Ketiga, perhatikan pemilihan jenis tanaman hias. Pemilihan yang tepat akan menjadikan bisnis ini langgeng serta tetap eksis. Ada begitu banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai komoditi yang menjanjikan. Misalnya Anda menentukan bunga untuk bisnis yang akan Anda tekuni, pilih bunga yang mempunyai daya stabil serta bukan hanya musiman. Selain itu, karena masih berada di tahap memulai, biaya perawatan tanaman juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Jika terasa terlalu berat, Anda bisa memfokuskan diri untuk bisnis satu atau dua jenis tanaman.

Terakhir, mempersiapkan media tanam. Media tanam merupakan hal yang paling utama untuk salah satu usaha modal kecil ini. media tanam dapat menjaga tanaman tetap segar dan subur. Sehingga, Anda harus memahami beberapa kebutuhan media tanam untuk tanaman yang telah Anda persiapkan. Seperti apa kebutuhan media tanam, hingga seperti apa efektifitasnya. Itulah beberapa tips sederhana, yang harus Anda lakukan bila ingin menekuni bisnis tanaman hias. Pastikan seluruh persiapan dilakukan dengan baik sebelum memulainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *