Cara Cerdas Belanja atau Beli Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa kemudahan di berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang jual beli produk. Jika dulu konsumen harus datang langsung ke toko-toko untuk mencari barang yang dibutuhkannya, kini konsumen dapat memperoleh barang-barang yang dicarinya melalui lapak-lapak atau toko online. Belanja online yang prosesnya sangat mudah, yaitu dengan cukup memilih produk yang kita inginkan, kemudian mengirim uang via transfer kepada si penjual atau pemilik lapak, kita tinggal duduk santai di rumah menunggu datangnya produk yang kita pesan diantar oleh kurir. Namun, kemudahan berbelanja atau beli online tersebut juga memiliki sisi negatif sebab tidak semua penjual online memiliki sifat jujur, terutama tentang spesifikasi produk yang kita pesan via online. Untuk itu, sebagai pembeli, kita harus hati-hati dalam berbelanja online agar tidak merasa tertipu dan tidak merasa dirugikan. Berikut ini beberapa kiat cara cerdas berbelanja online agar tidak tertipu dan agar produk yang kita inginkan hasilnya sesuai harapan kita.

Baca Juga : Tips Jual Beli Online Agar Laris

Mencari Referensi di Lapak Online Lain

Salah satu kiat mudah dalam berbelanja atau beli online adalah dengan membandingkan antara satu lapak dengan lapak online lainnya. Kita harus mencari referensi yang lebih luas tentang produk yang akan kita beli, sebab umumnya barang yang kita butuhkan dijual di banyak lapak online. Kita harus membandingkan satu lapak dengan lapak lainnya, terutama dari sisi harga yang ditawarkan masing-masing lapak. Carilah lapak yang menawarkan harga diskon dan harga murah namun masih masuk akal, atau selisihnya tidak terlalu jauh dengan lapak-lapak online lainnya. Jika harga yang ditawarkan sebuah lapak beberapa kali lipat jauh lebih murah, jangan serta-merta tertarik, sebab kemungkinan besar produk tersebut bukan produk asli atau original, melainkan produk tiruan, KW, atau bajakan. Dengan menelusuri setiap lapak, kita mendapatkan informasi mana lapak atau penjual terbaik yang akan kita pilih untuk kita membeli barang yang kita butuhkan.

Memastikan Nomor Kontak dan Alamat Penjual

Hal yang terpenting dalam berbelanja online adalah memastikan bahwa pemilik lapak online atau penjual produk yang akan kita beli benar-benar nyata, bukan fiktif apalagi penipu. Kita harus mencari tahu identitas pemilik lapak online tersebut, mulai dari nama penjual, nomor kontak, hingga alamat rumah sang pemilik lapak. Dengan mengantongi identitas pemilik lapak online tersebut, kita tidak akan khawatir akan menjadi korban penipuan. Kita juga bisa melakukan komplain jika barang yang kita terima tidak sesuai dengan barang yang kita pesan.

Berbelanja atau beli online memang menawarkan banyak kemudahan. Namun sebagai pembeli, kita harus cerdas dan tetap hati-hati dalam menentukan lapak terbaik. Jangan sampai kemudahan yang kita harapkan justru akan menjadi bumerang karena kita tertipu atau barang yang kita peroleh tidak sesuai dengan harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *