Cara Mencari Modal Usaha Kecil-kecilan

Memiliki usaha sendiri meski usaha kecil menjadi impian banyak orang karena dengan memiliki usaha sendiri maka peluang penghasilan yang bisa diperoleh bisa tak terbatas apalagi jika Anda menjual jasa. Namun sering kali ada penghalang yang ditemukan terutama dalam segi modal usaha yang membuat para pemilik keahlian untuk mengundurkan niatnya. Padahal jika dicermati kini modal bisa diusahakan dengan lebih maksimal melalui banyak cara tergantung dari jenis usaha yang akan Anda buka. Berikut ini adalah tips untuk memperoleh modal yang bisa Anda terapkan sehingga membuka usaha sendiri bisa segera Anda lakukan.

Jika Anda ingin membuka penjualan jasa maka yang pertama Anda butuhkan adalah tempat penjualan. Sesuaikan tempat dengan jenis jasa yang akan Anda tawarkan, misalnya jika berhubungan dengan transportasi maka sebaiknya berada tak jauh dari jalan raya. Namun jika jasa yang Anda tawarkan diperlukan oleh penduduk sehari-hari maka rumah Anda sendiri bisa digunakan sebagai tempat penyedia jasa. Hindari menyewa tempat yang mahal karena bisa menjadi alokasi dana yang menyedot modal paling besar. Carilah tempat yang sederhana namun cukup strategis untuk memulai usaha dalam skala kecil.

Setelah Anda menetapkan lokasi mana yang bisa ditempati maka langkah selanjutnya adalah menjumlahkan modal usaha yang dibutuhkan. Buatlah daftar mengenai kebutuhan usaha untuk mendapatkan jumlah modal yang harus ada. Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini tergantung dari keleluasaan Anda:

Baca Juga: Usaha Online Tanpa Modal Alias Gratis

  • Meminjam di bank melalui Kredit Usaha Rakyat.

Kredit usaha rakyat (KUR) merupakan program pemerintah melalui bank yang digunakan untuk memberikan pinjaman modal kepada masyarakat yang hendak membuka usaha. jika Anda telah memiliki proposal usaha dan barang jaminan yang cukup memadai maka mengambil pinjaman di KUR bisa dijadikan alternatif terbaik.

  • Meminjam melalui lembaga swadaya masyarakat.

Terdapat lembaga swadaya masyarakat yang menjadi wadah usaha di suatu daerah tertentu. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengambil pinjaman tanpa jaminan untuk keperluan modal tak lebih dari Rp. 3 juta.

Cara diatas pastinya akan memberi konsekuensi berupa bunga yang dihitung dari besaran pinjaman yang Anda lakukan. Jika Anda keberatan dengan cara cicilannya ataupun tidak memiliki barang jaminan yang bisa dijaminkan maka alternatif lainnya adalah dengan menggandeng investor. Bisa teman atau keluarga Anda dengan sistem pembagian hasil. Agar adil maka pembukuan yang terperinci harus dilakukan agar kedua belah pihak sama-sama mendapat keuntungan yang seimbang.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan agar impian memiliki sebuah usaha kecil sendiri bisa segera Anda lakukan. Setelah memiliki usaha dalam menjual jasa maka berikanlah pelayanan yang maksimal dan prima bagi konsumen Anda agar menjadi konsumen yang loyal dan sarana promosi yang paling hemat untuk usaha Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *