Cara Mengoptimalkan Facebook Ads untuk Pemasaran Produk

Facebook hingga saat ini menjadi sosial media nomor satu yang paling banyak dimiliki dan digunakan secara aktif oleh pemiliknya. Dengan Facebook, banyak orang dapat berkumpul dengan keluarga, teman bahkan kekasih yang terpisah jarak secara virtual. Namun bukan hanya itu, belakangan ini Facebook juga dapat digunakan untuk sarana komersial yaitu sebagai media pemasaran atau iklan yang ditujukan untuk mendapatkan penawaran atau pembelian. Iklan di Facebook atau biasa disebut sebagai Facebook ads akan muncul sesekali ketika kita membuka laman tersebut sehingga besar kemungkinannya akan ada orang tertarik untuk melihat lebih jauh.

Dengan banyaknya pengguna Facebook, beriklan di Facebook menjadi cara pemasaran yang sangat efektif. Iklan akan ditayangkan secara otomatis ke pengguna Facebook yang sedang membuka lama Fb mereka tanpa mereka sadari. Umumnya pengguna FB akan membaca untuk menentukan apakah mereka memerlukannya atau tertarik ataukah tidak. Jika mereka tertarik, iklan tersebut dapat diklik untuk masuk ke laman usaha yang terkait, atau jika tidak maka mereka dapat meneruskan kembali untuk membaca news feed selanjutnya.

Bagi Anda yang ingin memasarkan produk di Facebook ads maka terlebih dahulu Anda harus belajar bagaimana cara membuat iklan yang baik agar dapat menarik perhatian para pengguna Facebook. Ada beberapa cara untuk mengoptimalisasikan iklan Anda di FB agar tepat sasaran antara lain:

  • Memilih target pasar yang jelas misalnya untuk kategori umur, wilayah dan latar belakang.
  • Membuat iklan yang menarik dengan bantuan gambar produk atau manusia sehingga menimbulkan rasa ingin tahu serta keinginan untuk memiliki.
  • Buat kalimat yang mengundang dan langsung mudah dipahami sebagai 2 atau 3 kalimat awal.
  • Sediakan tombol navigasi utama seperti untuk melakukan Like atau untuk menuju laman tergantung dari keperluan iklan Anda.

Dari tombol navigasi yang disertakan di iklan FB Anda, maka isilah dengan link yang langsung menuju ke etalase toko jika Anda adalah seorang penjual. Namun jika iklan yang Anda buat adalah iklan non komersial maka link dapat dimasukkan ke laman utama dari website yang dimiliki untuk melihat informasi lainnya.

Facebook ads memang berbayar, namun jika Anda jeli dalam membuat bentuk iklan sehingga menampilkan iklan yang menarik, maka bukan tak mungkin biaya membuat iklan Anda akan kembali berkali lipat. Beriklan di Facebook saat ini hampir sama kesempatannya untuk dilihat masyarakat dengan beriklan di televisi yang harganya pasti sangat besar. Gunakan kemampuan Anda untuk membuat gambar iklan yang sangat menjual sehingga para pengguna Facebook yang sesuai dengan segmentasi pasar Anda dapat tertarik kemudian masuk ke laman penjualan yang sudah Anda sediakan sebelumnya di website toko online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *