Contoh Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga mungkin mengasyikkan pada awalnya karena bisa bercengkrama dengan buah hati sepanjang hari. Namun ternyata tak selamanya menjadi ibu rumah tangga menyenangkan. Kadang ada waktu dimana rasa jenuh itu muncul akibat kegiatan monoton dirumah. Untuk mengatasi ini ada berbagai cara salah satunya adalah mendirikan bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Ada banyak contoh usaha yang bisa dicoba oleh ibu rumah tangga dan menghasilkan pendapatan cukup banyak. Kira-kira apa saja usaha tersebut?

Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Katering

Salah satu bisnis yang bisa ditekuni oleh ibu rumah tangga adalah mendirikan katering. Katering adalah bisnis menjual makanan ataupun minuman. Katering ini cocok sekali ditekuni karena tidak menyita banyak waktu dan bisa dilaksanakan sambil mengurus buah hati. Selain itu katering hanya membutuhkan modal keahlian meramu makanan. Untuk pemasaran katering sebenarnya juga tak susah karena produk yang Anda produksi bisa ditawarkan ke sekolah buah hati ataupun ke beberapa kantor. Jika bisnis ini bisa ditekuni dengan baik maka keuntungan jutaan rupiah bisa diraup.

Menjahit

Selain membuka katering ada juga bisnis rumahan yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga yakni menjahit. Bisnis menjahit dipercaya menjanjikan karena hanya membutuhkan modal mesin jahit. Selain itu produk yang dijahit juga tak harus pakaian. Akan tetapi bisa juga menjahit sandal, handuk ataupun sprei. Untuk mendapatkan job jahitan Anda bisa datang ke perusahaan konveksi. Biasanya mereka memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu singkat. Jadi tak ada salahnya meminta pekerjaan kepada mereka dan membawanya pulang kerumah.

Usaha kelontong

Usaha lain yang bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga adalah membuka toko kelontong. Toko kelontong adalah toko yang menyediakan sembako dan beberapa kebutuhan rumah tangga. Usaha ini begitu menjanjikan karena peluang untuk laku lebih besar. Selain itu barang yang dijual di toko kelontong juga mudah dibeli. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha ini, antara lain:

  • Sebelum membuka usaha ini, perhatikanlah apakah disekitar kediaman Anda sudah berdiri toko kelontong lain.
  • Jual produk dengan harga yang bersaing sehingga bisa dipertimbangkan oleh konsumen.
  • Kelola keuangan secara baik dan sebaiknya jangan membiasakan kredit untuk konsumen. Hal ini dimaksudkan agar perputaran uang tetap lancar dan usaha tetap bisa berjalan.

Itulah beberapa bisnis rumahan yang bisa dicoba oleh ibu rumah tangga. Selain contoh bisnis diatas, masih ada lagi contoh lain yang bisa dicoba dan bisa menghasilkan banyak pendapatan. Diharapkan dengan adanya contoh bisnis sampingan ini Anda bisa menerapkannya. Jadi Anda tetap bisa produktif meskipun sedang menjaga buah hati dan mengurus rumah. Semoga tips dan informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *