Geliat Usaha Kecil Menengah Bisnis Jangkrik

Sempat redup beberapa tahun, sekarang ini usaha kecil menengah usaha budidaya jangkrik ini kembali menggeliat. Dengan modal yang cukup kecil serta perawatan yang sangat mudah, Anda dapat menjadikan budidaya jangkrik ini sebagai sampingan untuk mencari rupiah. Jika serius dalam menekuninya, budidaya jangkrik dapat meraup omset puluhan juta. Jangkrik sering diincar oleh para pecinta burung untuk dijadikan sebagai pakan, karena serangga ini adalah pakan unggulan yang dapat menjaga kesehatan burung tetap prima dan berkicau. Sekarang ini budidaya jangkrik telah merambah ke bisnis pangan walaupun belum berkembang secara maksimal.

Untuk biaya budidaya jangkrik tergantung ukuran kandang, pakan hingga perawatan lain. Namun tidak perlu cemas, beternak jangkrik memiliki biaya yang murah. kandang jangkrik dibuat dengan panjang 1 meter lebar 1 meter dan tinggi 50 cm. Bahannya juga mudah diperoleh. Anda dapat menggunakan kayu yang menggunakan kaso atau triplek agar semakin irit. Kandang bisa dibuat bersusun. Estimasi biaya untuk kotak budidaya jangkrik sebesar Rp 250 ribu, tempat bekas telur ayam Rp 60 ribu, voer ayam Rp 340 ribu, sayuran Rp 90 ribu untuk 30 hari dan telur jangkrik Rp 200 ribu. Sehingga Anda hanya memerlukan uang sebesar Rp 940 ribu saja.

Baca Juga: Ini Dia Jenis Usaha Kecil Menengah yang Cukup Menjanjikan

Agar usaha kecil menengah ini menjadi sukses, ada beberapa kiat-kiat yang harus Anda lakukan. Pertama, pilih telur jangkrik yang memiliki kualitas baik. telur jangkrik yang baik mempunyai bentuk panjang dan bulat. Pilih telur yang memiliki umur 8 hari. Karena di umur ini telur memiliki bentuk yang jelas. Coba ambil sedikit telur dan letakkan di wadah datar untuk melihat keseragamannya. Anda juga bisa melihat warna telur. Warna telur yang sehat akan mengkilat, jika Anda menemukan telur yang mempunyai titik gelap dalam, ini artinya telur tersebut bagus, karena telur akan menetas.

Kedua, pilih kandang berkualitas. Saat melakukan budidaya jangkrik, hindari meletakkan kandang dibawah sinar matahari. jangkrik adalah hewan aktif di malam hari, sehingga buat lingkungan mirip dengan habitat asli walaupun mempunyai lokasi yang sempit. Anda juga bisa menaruh daun, sawah hingga rumput di sekitar kandang. Hal ini dilakukan sebagai tempat bersembunyi jangkrik.

Terakhir, sistem penetasan dari jangkrik. Biasanya hari ke 10 merupakan saat-saat yang krusial, karena pada saat ini telur jangkrik menetas, jika telur jangkrik menetas, jangan lupa memindahkannya berdasarkan anakan, jaga kandang tetap lembab dengan menyemprotkan air di karung goni dan tutup di atas kandang. Sesudah proses perkembangbiakan jangkrik sudah bagus, sekarang Anda harus melakukan pemasaran. Anda bisa sering-sering berkumpul dengan peternak jangkrik lainnya atau pecinta burung. Pecinta burung sering menggunakan jangkrik ini. melakoni usaha kecil menengah ini mudah, dan memiliki prospek menggiurkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *