Gunakan Instagram Untuk Memaksimalkan Usaha Online Anda

Menjalankan bisnis terutama usaha online tidak lepas dari teknologi yang digunakan. apalagi sekarang banyak muncul teknologi yang mendukung aktivitas berinternet. Misalnya hadirnya smartphone yang memungkinkanp pengguna mengakses internet mobile, banyaknya media sosial yang bisa digunakan.

Membahas mengenai semakin banyaknya pilihan menggunakan media sosial di kalangan pembisnis sama dengan membuka peluang untuk meningkatkan hasil penjualan. Karena dengan menggunakan media sosial pembisnis bisa melakukan kegiatan pemasaran, seperti: promosi barang/ jasa, memperkenalkan brand dsb.

Salah satu media sosial yang sekarang sedang popular di masyarakat adalah instagram. Media sosial ini cocok dijadikan media untuk menggungah dan menginformasikan barang yang Anda jual, karena banyak sekali penggunanya dan Anda lebih leluasa untuk mempublish dan menginformasikan produk/jasa melalui media ini.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pahami jika menggunakan instagram untuk kegiatan usaha online. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini:

Penggunaan Nama Akun

Jika Anda benar-benar serius menjalankan bisnis, maka mulailah dari awal menggunakan nama merk/ brand dari bisnis Anda. Dengan nama bisnis yang digunakan melalui domain atau akun instagram, membuat bisnis Anda semakin banyak yang tahu. Usahakan gunakan nama bisnis yang mudah diingat dan mengandung SEO.

Baca Juga: Tips Promosi agar Usaha Online Anda Cepat Berkembang

Pengaturan

Karena tujuannya agar orang banyak yang mengetahui bisnis Anda. Saat Anda memulai membuat instagram biarkan pengaturan Anda terbuka untuk siapapun memfollow atau mengikuti akun Anda. Jangan pakai pengaturan private karena akan mempersulit pengguna instagram mengikut.

Cantumkan Keterangan Lengkap

Selain nama braind pastikan Anda mencantumkan informasi yang berhubungan dengan bisnis Anda, mulai dari alamat website (jika ada), alamat email, alamat toko, nomor telephone/ SMS/ BBM/ WA. Kasih keterangan seputar bisnis Anda dengan singkat dan padat dan jelas. Mencantumkan keterangan lengkap seputar usaha online yang Anda jalani merupakan hal penting, karena selain terlihat profesional juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli.

Buat Foto Yang Menarik

Berbeda dengan media sosial lainnya, pada media sosial instagram pengguna lebih fokus mengunggah foto. Hal tersebut berpeluang untuk pembisnis fokus memperkenalkan barang yang dijual. Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan foto yang menarik, tajam dan jelas. Buat foto yang unik namun jangan terlalu banyak direkayasa/ diedit. Karena foto barang yang Anda bagikan usahakan tidak jauh dengan barang asli.

Buat Deskripsi Dan Hastag

Tidak cukup hanya foto saja, Anda harus mencantumkan deskripsi karya dengan singkat padat dan jelas. Gunakan bahasa yang menarik, namun jangan terlalu bertele-tele. Jangan lupa untuk mencantumkan has tag (#) dengan kata-kata yang berhubungan dengan barang. Hastag adalah kata kunci atau kata pencarian yang membantu pengguna instagram menemukan usaha online yang Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *