Hindari Kesalahan Menentukan Harga Produk Saat Usaha Online Seperti Berikut Ini!

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum berjualan baik dari usaha konvensional ataupun usaha online adalah menentukan harga. Besar dari harga yang ditentukan tersebut akan berpengaruh pada pendapatan yang akan Anda terima dan laba ruginya. Untuk menghindari kerugian apalagi yang jumlahnya cukup banyak, Anda bisa menghindari kesalahan seperti berikut ini.

 Hindari Kesalahan Menentukan Harga Produk Saat Usaha Online Seperti Berikut Ini!

Pertama adalah salah dalam menghitung komponen biaya. Jika dibandingkan dengan usaha secara konvensional, usaha jenis online memiliki biaya yang lebih sedikit dan hal tersebut disebabkan karena Anda menghemat biaya sewa tempat yang biasanya bisa mencapai jutaan rupiah. Jikapun Anda memiliki website sendiri untuk jualan online, harganya bisa lebih murah. Harga tersebut ataupun biaya yang diperlukan dalam proses jual beli barang seperti biaya kirim barang, akan sangat berpengaruh pada harga. Untuk menghindarinya, Anda bisa mencatat biaya apa saja yang dibutuhkan dan sudah dikeluarkan agar Anda bisa menghitungnya dengan cermat.

Kedua adalah salah hitung diskon. Diskon bisa berbentuk potongan harga untuk beli 1 gratis 1 atau jenis diskon yang lainnya. Namun karena Anda menjalankan usaha online, diskon bisa juga diambil dari potongan harga untuk biaya kirim barang. Sebelum Anda menetapkan harga diskon tersebut, Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu jika diskon sekian masih akan mendapatkan keuntungan yang sekian.

Ketiga adalah mematok margin yang sama rata. Masing-masing barang yang Anda jual memiliki harga yang berbeda satu dengan yang lainnya dan salah satu menyebabkannya adalah karena seri atau bentuknya yang berbeda dan manfaatnya yang berbeda. Karena hal tersebut, sebaiknya pertimbangkan mengenai manfaat, model, cara pembuatan atau yang lainnya sebelum Anda menetapkan harga agar Anda tidak merugi saat menjualnya ke konsumen Anda.

 Baca juga tips dan trik nya ketika akan memulai usaha online. simak selengkapnya di beritajualbeli.com

Keempat adalah memasang harga yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Saat Anda memulai usaha online, ketahui bahwa konsumen akan lebih mudah untuk membandingkan harga produk yang Anda jual dengan yang dijual oleh penjual yang lainnya disebabkan karena konsumen bisa membuka beberapa toko online sekaligus atau dengan menggunakan website pembanding harga. Jika Anda mematok harga terlalu tinggi, hal tersebut bisa menyebabkan calon pembeli menjadi enggan untuk membeli barang di tempat Anda dan memilih untuk membeli di tempat lain dengan harga yang lebih murah namun memiliki kualitas yang sama dengan barang yang Anda jual tersebut. Karena barang tidak terjual, maka pendapatan akan menurun bahkan tidak ada sama sekali sehingga Anda tetap merugi, apalagi jika Anda menyetok barang terlebih dahulu. Sedangkan jika barang yang Anda jual tersebut terlalu murah, maka bisa membuat Anda merugi dalam jumlah yang cukup banyak walaupun konsumen yang membeli barang Anda lebih banyak dari toko lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *