Info Jual Beli Online yang Harus Anda Ketahui

Berbelanja atau membeli produk secara online memang memberikan banyak kemudahan. Kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan tanpa harus berlelah-lelah keluar rumah dan berputar dari satu toko ke toko lain. Namun, berbelanja online memiliki kelemahan yaitu kita tidak dapat melihat secara langsung produk yang akan kita beli. Kita tidak dapat memastikan tekstur, bahan, serta kondisi sebenarnya dari sebuah barang, sehingga kita bisa saja kecewa karena barang yang kita peroleh tidak sesuai dengan kriteria. Misalnya ketika kita membeli pakaian melalui lapak online, tidak jarang kita sebagai konsumen merasa kecewa karena ukuran pakaian yang kita beli tersebut tidak pas di tubuh kita. Sebagai konsumen atau pembeli, kita harus cerdas, agar kita tidak dimanfaatkan oleh penjual yang curang dan hanya ingin memperoleh keuntungan yang besar tanpa mempertimbangkan kepuasan konsumen. Berikut ini adalah info jual beli online yang harus kita ketahui sebelum membeli suatu produk agar tidak tertipu.

Memahami Spesifikasi Produk

Perbedaan mendasar antara belanja langsung dengan belanja online adalah, kita tidak dapat menyentuh atau melihat langsung produk yang kita pesan. Kita hanya bisa melihat foto/ gambar dan keterangan produk yang ingin kita beli melalui monitor komputer atau latar smartphone, sehingga kita tidak dapat menilai secara pasti tekstur bahan produk tersebut, warna aslinya, dan tidak dapat memerika apakah produk tersebut mengandung cacat produksi atau tidak. Jika kita tidak jeli sebelum membeli, kita akan merasa kecewa karena barang yang datang ke rumah kita tidak sesuai dengan kriteria. Untuk itu, memahami spesifikasi produk dari barang tersebut sebelum kita memutuskan untuk membelinya adalah suatu keharusan.

Pastikan barang yang akan kita pesan memang sesuai dengan spesifikasi dan kriteria yang kita butuhkan. Misalnya: bahan, warna, model, ukuran, jenis, dan bahkan rasa (jika produk yang kita pesan adalah makanan). Konfirmasi pada penjual online tersebut apakah barang yang akan mereka kirim sesuai dengan kriteria atau foto yang mereka tampilkan, agar ketika terjadi ketidak sesuaian antara info jual beli atau kriteria yang ditampilkan dalam situs dengan barang yang kita dapatkan, kita dapat melakukan komplain.

Baca Juga : Tips Beli Online dengan Aman

Mencatat Info Identitas Penjual

Setelah kita memastikan spesifikasi produk yang akan kita pesan, kita harus mencari tahu dan memastikan identitas penjual atau pemilik lapak online dari barang yang kita beli. Hal tersebut penting kita ketahui untuk memastikan apakah penjual produk online tersebut tidak fiktif. Kalau perlu, kita bisa menelusuri alamat tersebut di google. Setelah memastikan identitas si penjual, kita juga harus mengkonfirmasi apakan kriteria barang yang ditampilkan di situs atau lapak online tersebut benar-benar sesuai dengan barang yang hendak dikirim ke alamat kita jika kita membelinya.

Berhati-hati dalam berbelanja online merupakan langkah bijak kita sebagai konsumen agar kita tidak menjadi korban penipuan. Jangan sampai kemudahan yang kita harapkan dari berbelanja online berujung penyesalan karena kita tidak mengkonfirmasi kebenaran info jual beli sebagaimana yang tertera dalam situs jualan online tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *