Ingin Dapatkan Kredit Modal Usaha? Berikut Ini Langkah Mudahnya!

Wirausaha memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk sebagian besar orang. Bahkan banyak juga karyawan yang bermimpi untuk bisa memiliki usaha sendiri untuk bekal masa depan nantinya. Dalam bidang perniagaan ini, banyak sekali kisah jatuh bangun bisnis yang kerap membuat banyak orang bergidik. Salah satu kesulitan yang kerap dihadapi adalah lantaran tidak memiliki modal usaha sehingga menjadi alasan untuk mengurungkan niat dalam berbisnis.

Namun bagi Anda yang memiliki semangat untuk berbisnis, tentunya tantangan terkait modal ini bukan menjadi alasan untuk berhenti menjalankan bisnis, namun pecutan semangat untuk mendapatkan modal. Salah satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah dengan mengajukan kredit modal usaha sehingga Anda bisa segera memulai usaha. Namun banyak juga yang dalam prosesnya ternyata membuahkan penolakan. Untuk itu, ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan kredit usaha dengan lebih mudah:

  • Rancangan usaha dari bisnis kecil

Yang pertama adalah dengan memulai bisnis ini dari bisnis yang kecil terlebih dulu. Cobalah untuk membuat kerangka dari usaha tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena jika mengajukan modal secara langsung tanpa memiliki bisnis bisa sangat susah untuk disetujui. Untuk itu, usaha kecil-kecilan ini bisa sebagai kerangka sehingga pihak pemodal mau untuk mempertimbangkannya.

  • Laporan keuangan

Selanjutnya adalah dengan membuat laporan keuangan. Laporan ini sangat dibutuhkan demi bisa mendapatkan persetujuan dari kredit usaha. Buatlah laporan keuangan sejelas mungkin dimana dari laporan tersebut kreditur nantinya bisa melihat prospek dari usaha yang sedang dijalankan tersebut. Anda juga bisa melihat perkembangan bisnis dengan adanya laporan keuangan ini.

  • Rekening khusus usaha

Saat menjalankan bisnis, usahakan untuk membuat rekening sendiri bagi usaha Anda sehingga uang pribadi dan uang bisnis tidak tercampur. Hal ini dilakukan demi bisa mengetahui perkembangan dari bisnis yang sedang berjalan tersebut. Mencampuradukkan antara uang pribadi dan uang hasil usaha tentu mempersulit Anda untuk mengembangkan diri dalam berbisnis karena tidak diperolehnya perhitungan valid.

  • Riwayat kredit yang bagus

Apabila Anda memiliki tanggungan kredit saat ini, maka Anda juga perlu memperbaiki riwayatnya jika bermasalah, misalnya saja ada kredit macet. Hal ini penting karena bank akan melihat dengan keseluruhan riwayat kredit yang Anda miliki karena terekam jelas di Bank Indonesia.

Dalam mengajukan permohonan kredit, Anda juga perlu bersikap jujur dalam semua dokumen dan pelaporannya. Kondisi bisnis yang dilaporkan secara jujur akan lebih mendapatkan apresiasi dari pihak bank karena bank juga akan mempertimbangkannya. Tunjukkan juga semua dokumen asli dan sesuai kondisi usahanya. Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan kredit modal usaha

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *