Ingin Jalankan Bisnis Media Sosial? Lakukan Pemilihan Terlebih Dahulu

Seiring berjalannya waktu, banyak media-media sosial yang bermunculan di masyarakat yang bisa mereka gunakan untuk berbagai hal salah satunya adalah untuk berbisnis secara online. Saat ini terbukti sudah banyak pelaku bisnis yang menjual dan mempromosikan produk usahanya melalui media sosial. Macam-macam bisnis media sosial itu sendiri bisa mereka lakukan di berbagai media sosial yang sedang hits seperti Instagram, Facebook, dan Snapchat.

Ingin Jalankan Bisnis Media Sosial? Lakukan Pemilihan Terlebih Dahulu

Namun, sebelum memulai mempromosikan produk Anda sebaiknya, Anda mengetahui media sosial manakah yang cocok digunakan untuk menjalankan bisnis media sosial Anda? Untuk itu simak informasi lengkapnya berikut ini.

Mengetahui Jumlah Pengguna Media Sosial

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis media sosial, Anda harus mengetahui jumlah pengguna dari setiap media sosial itu sendiri. Bandingkan media sosial mana yang paling banyak penggunanya, yang nantinya dapat menjadi peluang Anda untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, telusuri pengguna media yang bersangkutan apakah penggunanya banyak dari kalangan anak-anak, dewasa ataukah remaja. Hal ini penting karena menyangkut target konsumen yang anda incar.

Menurut data yang ada pada survei Jakpat menyebutkan bahwa pengguna media sosial Facebook adalah mereka yang berumur sekitar 16 sampai 35 tahun, untuk media sosial Instagram penggunanya adalah mereka yang berusia muda yaitu 16 sampai 25 tahun, sedangkan untuk media sosial Snapchat penggunanya adalah mereka yang berusia 16 sampai dengan 19 tahun.

Untuk media sosial Snapchat itu sendiri kebanyakan penggunanya adalah dari kalangan perempuan. Bagi Anda yang memiliki target penjualan dari kalangan perempuan, maka sangat cocok menggunakan media sosial Snapchat untuk bisnis media sosial yang sedang Anda jalankan. Dan jika anda membutuhkan target konsumen dewasa anda bisa menggunakan media sosial Facebook.

Tipe Interaksi Setiap Media Sosial

Tiap media sosial memiliki tipe interaksi yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk memilih media sosial mana yang cocok untuk menjalankan bisnis media sosial, hendaknya Anda mengetahui tipe-tipe interaksi media sosial yang bersangkutan.

Untuk media sosial Facebook sangat cocok untuk Anda membagikan konten yang membutuhkan perhatian lebih lama daripada penggunanya. Maksudnya, jika konten atau produk yang anda tawarkan sesuai dengan profil para pengguna Facebook, maka target konsumenmu bisa berinteraksi lebih lama terhadap apa yang sudah Anda bagikan. Untuk media sosial Instagram dan Snapchat memang berbeda dengan Facebook, karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih.

Tipe Konten

Selain itu, Anda harus memahami tipe konten pada setiap media sosial itu. Untuk tipe konten Facebook Anda bisa membagikan sebuah video atau post, artikel yang berguna untuk para calon konsumen. Untuk media sosial Instagram Anda bisa membagikan sebuah foto atau video dengan kualitas yang baik, sedangkan untuk Snapchat, Anda bisa membagikan foto yang masih mentah dan tidak diedit sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *