Ini Dia Jenis Usaha Kecil Menengah yang Cukup Menjanjikan

Salah satu penggerak motor perekonomian di Indonesia adalah adanya usaha kecil menengah atau UKM di sekitar kita. Usaha kecil ini menyumbang PDB ke negara hingga 60% dan mampu memberikan kesempatan dan peluang kerja di masyarakat. Meski perkembangan industri rumah tangga dan industri kecil di Indonesia kini sudah mulai mengalami perkembangan, namun tidak sedikit orang yang bingung untuk memilih jenis bisnis yang akan ditekuninya.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk membuka usaha kecil menengah dan masih bingung dalam pemilihan jenis usahanya, maka bisa memilih beberapa jenis usaha berikut ini yang sangat menjanjikan di pasaran:

  • Bidang kuliner

Setiap manusia butuh makan sehingga tidak salah jika bisnis di bidang kuliner diklaim selalu mampu memberikan keuntungan yang maksimal. Bisnis kuliner juga terdiri dari berbagai kategori mulai dari makanan pokok, makanan ringan, minuman dan masih banyak lagi. Semua kategori dari bisnis ini akan sangat bagus potensinya asalkan Anda mampu memasarkannya dengan baik. Anda bisa memulainya dengan kecil-kecilan terlebih dulu jika terkendala dengan modalnya.

  • Bidang fashion

Bisnis di bidang fashion juga seolah tidak pernah ada matinya. Hal ini lantaran perkembangan fashion dunia tidak akan pernah ada habisnya dan terus terbarui. Alasannya juga karena pakaian adalah kebutuhan manusia yang sudah tidak dapat ditawar lagi. Bisnis ini juga memiliki kategori yang cukup beragam mulai dari bisnis pakaian anak, bisnis pakaian muslim, bisnis pakaian dewasa dan masih banyak lagi.

  • Bidang pendidikan

Pendidikan merupakan modal yang penting untuk semua orang dan perkembangan bangsa tentunya. Bisa dibilang jika pendidikan pun akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Karena pentingnya pendidikan inilah bisnis di bidang pendidikan bisa dijalankan. Tidak perlu dengan langsung membangun sekolah, Anda bisa membangun kursus atau les pelajaran untuk anak-anak yang bisa dilakukan secara berkelompok atau privat.

  • Bidang otomotif

Bisnis otomotif juga berkembang dengan pesat saat ini sejak banyaknya orang yang memiliki kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Anda bisa membangun bisnis di bidang otomotif ini tidak perlu langsung besar, namun bisa juga secara kecil-kecilan asalkan mampu bertahan dalam jangka panjang. Selain skill tentang otomotif, Anda juga butuh lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau.

Masih banyak lagi usaha kecil menengah yang bisa Anda jalankan saat ini dan berpotensi untuk bisa dijadikan usaha jangka panjang dan menguntungkan. Namun tentunya Anda juga harus mau bekerja lebih keras dan disiplin dalam pengembangannya. Memanfaatkan peluang di depan mata haruslah dilakukan saat ini juga dan segeralah bangun usaha Anda sejak sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *