Jualan Online? Ini Dia Tips untuk Menjaga Kepercayaan Konsumen!

Ketika seseorang melakukan kegiatan belanja, secara online, pasti ada begitu banyak pertanyaan yang berada dalam benaknya mulai dari amankah toko online tersebut hingga mahalkah harga yang mereka tawarkan. Hal ini disebabkan karena situasi pembeli dan penjual tidak bisa bertemu langsung. Pelanggan tidak bisa melihat secara langsung seperti apa produk yang akan dibelinya, selain itu pembeli harus melakukan transfer bank agar produk tersebut sampai di tangannya. Selain itu begitu banyaknya penipuan di dunia maya juga mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan. Jika sekarang ini Anda sedang jualan onlineada beberapa tips agar bisa menjaga kepercayaan pelanggan.

Pertama, sediakan informasi yang diperlukan pelanggan. Seperti yang telah kita bahan sebelumnya, di sebuah toko online pelanggan tidak bisa melihat serta mencoba produk yang dijual. Oleh sebab itu kita harus bisa memberikan deskripsi dengan baik seperti apa keadaan barang yang dipergunakan hingga warna yang disediakan. Sudah pasti kita sebagai penjual harus benar-benar mengetahui serta memahami informasi tentang barang yang dijual dengan baik. hal ini bertujuan agar pelanggan tidak merasa di tipu atau pun dibohongi dengan barang yang mereka pesan.

Tips jualan online yang kedua adalah mudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda, agar bisa menjaga kepercayaan pelanggan, Anda harus bisa menangani pesanan pelanggan dengan cepat. Sediakan beberapa media komunikasi agar bisa memudahkan mereka menghubungi Anda. sarana komunikasi yang Anda sediakan bisa seperti pin BBM, telepon, SMS dan yang lainnya. hal ini digunakan agar pelanggan mudah menghubungi. Bila ada pelanggan yang ingin bertanya atau melakukan konfirmasi, jangan pernah membiarkan mereka menunggu balasan dengan lama, segera jelaskan pada pelanggan mengapa hal tersebut terjadi agar pelanggan bisa percaya pada kita.

Ketiga, buat web yang menarik. perhatikan jika informasi yang diberikan selalu up to date dan tidak ada kesalahan penulisan atau link yang rusak. Halaman web toko online Anda juga harus ringan sehingga bisa diakses dengan cepat serta tidak membuat pelanggan bosan menunggu loading dari web Anda. jika pelanggan menunggu terlalu lama mereka bisa bosan dan beralih ke toko yang lainnya. selain itu untuk tema dan desain sesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Tips jualan online yang terakhir ialah menerima pengembalian barang. Adakalanya produk yang sekarang kita jual rusak atau dikirimkan pada pelanggan yang salah. Hal ini wajar-wajar saja terjadi pada toko online, ini mungkin bukan murni kesalahan dari kita, tetapi bisa saja barang rusak di perjalanan saat menuju ke pelanggan. Tentu kita harus siap dengan resiko ini kemudian menggantinya. Ini dinilai sebagai cara tepat untuk menjaga kepercayaan pada pelanggan toko online. Menjaga kepercayaan pelanggan online tidak berbeda dengan offline, mereka juga memerlukan kepedulian dan perhatian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *