Kenali Ciri Bisnis MLM yang Sehat Tanpa Ada Permainan Uang di Dalamnya

Berbisnis menjadi langkah tepat untuk bisa mendapatkan penghasilan tanpa batas. Ya, kini perkembangan bisnis memang amat meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Model bisnis yang ada di dunia keuangan saat ini pun amat beragam. Salah satu model bisnis yang pastinya sudah akrab di telinga masyarakat adalah model bisnis MLM. Meski sudah sangat terkenal, namun banyak sekali orang yang memandang negatif pada model bisnis yang satu ini. Hal ini lantaran banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan model bisnis semacam itu di pasaran.

Pada dasarnya, MLM ini berbeda dengan sistem permainan uang yang umum dilakukan di pasaran. MLM ini lebih mengedepankan dari sisi pemasaran yang dilakukan dengan jalur pemasarannya yang panjang yang menjadikan biaya distribusi pun bisa ditekan. Memang di masyarakat sendiri skema MLM ini masih cenderung berkutat ke arah yang negatif. Banyak juga yang salah mengira jika MLM ini sistemnya sama dengan Money Game sehingga hanya menguntungkan pihak atas saja.

Meski demikian, pada dasarnya masih banyak sekali bisnis MLM yang menjalankan kegiatannya secara jujur. Berikut ini beberapa ciri bisnis yang menggunakan sistem MLM secara sehat:

  • Ada produk ataupun jasa untuk dijual

Setiap ada transaksi jual beli, maka pastinya akan selalu ada produk atau jasa yang diperjualbelikan. Begitu juga dengan MLM dimana pasti ada produk fisik ataupun jasa yang dijual kepada pembelinya. Tak hanya itu, produk pun juga harus diutamakan kualitasnya dimana memang memiliki izin edar, punya manfaat benar dan bukan benda aneh-aneh. Namun jika ada produk yang dirasa kurang menjual namun harganya selangit dan hanya fokus pada rekrut anggota, maka Anda patut curiga. Bisnis yang mencurigakan umumnya dengan skema yang hanya fokus pada rekrut anggota tanpa bisa memberikan kualitas produk.

Baca Juga:Tips Ampuh Meraih Kesuksesan Melalui Bisnis MLM Tanpa Tipu-tipu

  • Adanya upline dan downline

Pasti Anda sudah sering mendengar adanya upline dan downline. Namun perbedaan dari MLM adalah upline selalu mau membantu downline untuk bisa berkembang, bukan hanya menarik uang lalu melepaskan downline begitu saja. Dengan usaha tersebut, maka downline pun akan ikut semangat sehingga mampu mencapai ke level lebih tinggi lagi.

  • Sistem adil untuk semua member

Sistem MLM yang benar akan adil dalam seluruh sistemnya. Hal ini tak terkecuali untuk downline sekalipun sehingga semua member punya kesempatan yang sama dalam berkembang. Namun hal ini beda dengan sistem money game dimana hanya upline teratas yang dapat keuntungannya.

Itulah beberapa ciri bisnis MLM yang sehat. Jika Anda ingin terjun di usaha MLM ini, maka ada baiknya mengerti benar produk yang akan Anda jual serta dari perusahaan juga wajib resmi terdaftar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *