Kenali Dulu 6 Jenis Toko Online Ini Sebelum Mulai Berbisnis

Online shop memberikan banyak sekali kontribusi positif kepada masyarakat, baik itu untuk mereka yang ingin berbelanja berbagai macam produk kebutuhan, atau sebaliknya yang ingin memulai menjalankan bisnis, dengan adanya toko online memberikan peluang kesuksesan yang tinggi dengan modal lebih kecil. Fenomena yang satu ini sekaligus meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat di era modern seperti sekarang ini.

 Kenali Dulu 6 Jenis Toko Online Ini Sebelum Mulai Berbisnis

Sebenarnya jika berbicara mengenai online shop ini sendiri jenisnya begitu banyak, berikut ini yang patut untuk diketahui sebelum memulai untuk menjalankan bisnisnya, yaitu:

  1. Online shop dengan domain sendiri, artinya bentuk online shop seperti sebuah website, misalnya Anda memiliki nama domain sesuai dengan brand toko tersebut, hal ini dapat dikenali dari penggunaan domain akhirnya, diantaranya ada com, id, org dan masih banyak lagi diantaranya, selain membantu untuk menjual barang, toko semacam ini juga dapat dijadikan sebagai branding produk Anda juga menarik perhatian pengiklan. Hanya saja memakan biaya yang cukup besar untuk membuat dan mengoptimalkannya.
  2. Online shop gratisan, biasanya diterbitkan oleh blogspot, kemudian juga word press, sistemnya seperti Anda membuat sebuah akun blogger, namun lebih ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang masih pemula.
  3. Online shop di dalam forum, ada segudang komunitas pada media sosial yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjalankan sebuah bisnis. Misalnya adalah forum untuk pecinta Kpop dimana didalamnya juga banyak sekali kalangan yang ikut menjual produk-produk Kpop mereka dan masih banyak lagi.
  4. Online shop berbasis sosial media, toko online yang satu ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis yang masih awam, karena memang tak berbayar dan juga mudah dijalankan, selain itu keuntungan lainnya berbisnis lewat media sosial ini adalah bisa langsung terhubung dengan konsumen tanpa melalui perantara. Bahkan sebagian banyak media sosial juga sudah menyiapkan ruang khusus bagi mereka yang lebih condong berbisnis menggunakan jejaring mereka.
  5. Online shop berbasis market place, ini juga kian banyak di Indonesia dimana sebuah perusahaan start up secara khusus sudah membangun situs yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin ikut serta dalam menjual barang mereka disana, secara gratis dan juga mudah dilakukan.
  6. Online shop dalam sebuah direktori bisnis, istilahnya seperti sebuah mall online, mereka yang ingin ikut serta dalam menjual produknya kesini harus ikut serta membayar layaknya menyewa sebuah gerai dalam mall. Umumnya teruntuk produk-produk branded dengan harga yang mahal.

Banyak jenisnya, jangan sampai salah dalam memilih untuk memulai bisnis Ada, karena berbeda kategori toko online, akan berbeda sistem pengelolaan hingga biaya yang harus dikeluarkan dalam menjalankannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *