Kiat Jual Beli Online Agar Tidak Rugi

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun dalam bisnis online sehingga persaingan antar penjual atau pedagang semakin ketat. Setiap lapak dan penjual online berlomba-lomba agar menarik pelanggan sebanyak mungkin dengan menawarkan berbagai berbagai bonus dan harga yang lebih rendah sehingga pembeli lebih tertarik. Sebenarnya, terdapat beberapa tips yang terbukti efektif untuk menarik minat pembeli bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis online yang mengandalkan penjualannya dengan promosi di sosial media. Berikut ini adalah beberapa tips agar bisnis jual beli online yang Anda jalankan tidak mengalami kerugian.

  1. Menjual Barang yang Sedang Nge-Hits

Salah satu petuah yang terkenal dalam dunia usaha adalah: “Penjual yang baik dan berhasil akan selalu memenuhi permintaan pasar.” Jika pembeli adalah Raja, maka penjual adalah pelayan yang harus memenuhi setiap permintaan dan kebutuhan pembeli. Cara paling efektif dan paling mudah agar barang dagangan kita laris adalah menjual produk atau barang yang sedang laris. Kuncinya memang sesederhana itu. Kita harus selalu memperbaharui katalog barang dagangan kita dengan barang-barang yang sedang dibutuhkan di pasaran, yaitu barang yang sedang ngehits atau populer sehingga diburu oleh banyak pembeli.

Baca Juga : Jual online produk makanan

Namun sebagai penjual, kita tetap harus bijak. Mengikuti arus pasar memang baik, namun jika terlalu mengikuti arus akan membuat kita hanyut atau dengan kata lain: merugi bahkan bangkrut. Jangan menstok barang yang sedang hits secara berlebihan, sediakan dalam kadar secukupnya saja, sebab setiap barang memiliki masa kadaluarsanya atau masa ngehitsnya masing-masing. Menumpuk barang akan berpotensi membuat kita rugi jika barang tersebut tidak laku.

  1. Menjual Barang dengan Masa Edar Lama

Hukum pasar mengatakan, setiap barang memiliki masa edar. Akan ada masanya suatu produk menjadi kadaluarsa sehingga tidak akan dilirik lagi oleh pembeli, akan ada masanya barang-barang yang dulunya ngehits akan ditinggalkan karena banyak produk baru yang menggantikan produk lama. Agar jual beli online yang kita jalankan tidak merugi karena barang yang kita jual memiliki masa edar, juallah barang yang memiliki masa edar lama atau barang yang tidak mudah kadaluarsa. Di antara barang-barang yang memiliki masa edar lama dan tetap bisa laku dalam waktu bertahun-tahun ke depan adalah: buku, barang-barang kebutuhan sehari-hari, dll.

  1. Melakukan Berbagai Inovasi dan Terobosan

Dalam bidang apapun, orang yang selalu melakukan inovasi akan lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain. Termasuk juga dalam hal jual beli online. Inovasi harus terus dilakukan. Salah satu contoh inovasi dalam hal bisnis online adalah metode promosi. Seringkali, kelemahan suatu produk akan tertutupi dengan cara promosi yang baik. Semakin menarik cara kita berpromosi, akan semakin tertarik calon pembeli untuk melirik dan membeli produk kita. Inovasi juga dapat dilakukan dengan melakukan terobosan-terobosan terkait produk yang kita tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *