Kiat-kiat Menjadi Dropshiper Sukses Bagi Pemula

Bisnis dropship merupakan model bisnis online dengan modal toko online untuk berjualan. Dropshiper (sebutan bagi pelaku bisnis dropship), mereka tak mempunyai stok barang, sehingga mereka hanya bekerja dengan menjual barang atau produk yang dimiliki orang lain. Meskipun dropship bisa dikatakan bisnis yang dapat dikerjakan siapa saja, namun bisnis ini bukan bisnis yang dapat dilakukan dengan mudah. Banyak tantangan yang dihadapi seperti komplain karena jadwal pengiriman barang, hingga produk yang tak sesuai dengan foto.

Kiat-kiat Menjadi Dropshiper Sukses Bagi Pemula

Agar bisa memperkecil tantangan tersebut, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat merintis karir menjadi dropshiper.

Fokus Pada Satu Barang

Di dalam memulai bisnis dropship, sering kita terlena menjual berbagai macam barang dalam satu akun atau satu toko sekaligus. Padahal hal ini malah membuat kita tak fokus. Cobalah untuk fokus pada sebuah produk terlebih dulu, setelah itu tingkatkan branding produk agar orang semakin yakin pada Anda.

Buat Toko Online

Agar semakin meyakinkan pembeli, Anda dapat melakukannya dengan berbagai macam cara seperti membuat sebuah toko online berbayar. Kita mungkin bisa membuat toko online gratisan, namun ingat toko online gratisan biasanya kurang dipercaya sebagai penjual kredibel. Selain itu web toko online berbayar membuat kita lebih banyak pilihan template dan fasilitas.

Beri Pelayanan Konsumen dengan Cepat

Kecepatan pelayanan pada konsumen juga menjadi kunci sukses untuk menenangkan persaingan dalam usaha. Tak hanya cepat, namun harus prima. Anda harus bisa memberikan layanan yang cepat dan memuaskan pelanggan. Bila Anda sudah tidak bisa menghandle pesanan mereka, Anda bisa memperkerjakan customer service.

Minimalkan Risiko Rugi Waktu

Tuliskan deskripsi yang lengkap pada produk yang Anda jual. Hal ini bisa membantu Anda menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Hal tersebut juga menghemat banyak waktu yang mungkin terbuang sia-sia karena Anda harus membalas pertanyaan dari calon pembeli. Selain itu, kredibilitas toko online Anda juga semakin meningkat.

Sampaikan Hak Anda Sebagai Seorang Dropshiper

Sebagai dropshiper, kita juga memiliki hak yang harus dipenuhi oleh supplier. Contohnya saja mencantumkan nama brand kita di nama pengirim, serta untuk hak personal seperti garansi. Biasanya supplier yang sudah berpengalaman akan faham mengenai hal-hal ini, apalagi jika Anda sudah menunjukkan kemampuan menjual produk mereka.

Temukan Supplier yang Tepat

Agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan, contohnya seperti pengiriman produk yang tidak sesuai, atau bahkan cacat, lebih baik Anda memilih supplier yang bisa dipercaya. Paling tidak supplier tersebut telah memiliki nama serta reputasi yang baik. Sebagai seorang dropshiper, nama Anda lah yang menjadi taruhannya, bila barang yang pelanggan pesan tidak dapat dipenuhi dengan baik atau tidak sesuai dengan yang sudah dijanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *