Kiat Sukses Jual Online Produk Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan dasar yang akan selalu dicari oleh konsumen. Produk pakaian sudah menjadi komoditas yang akan selalu diminati. Model dan jenis pakaian terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga konsumen mendapatkan banyak pilihan untuk menentukan pakaian terbaik untuk dikenakannya. Kini, mencari model pakaian terbaru dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, yaitu dengan mencari referensi di lapak-lapak baju online. Begitu pun dengan penjual baju, mendapatkan banyak kemudahan dari proses pemasaran pakaian yang dijualnya melalui media online. Namun, tidak semua penjual atau pedagang baju sukses menjual produknya secara online. Tanpa disertai startegi yang tepat, proses jual online produk pakaian kita tidak akan efektif bahkan akan sepi peminat. Berikut ini adalah beberapa sukses jualan online pakaian agar diminati oleh pembeli.

Baca Juga : Tips Jual Beli Online Agar Laris

Menentukan Pangsa Pasar

Setiap produk pakaian didesain untuk menyasar pangsa pasar tertentu. Ada pakaian yang diproduksi untuk dipakai anak muda, ada pakaian yang didesain untuk dikenakan orang dewasa, ada pakaian yang hanya cocok dikenakan wanita muslimah, dan seterusnya. Sebelum lebih jauh melakukan promosi via online, setiap pedagang atau penjual baju wajib menentukan pangsa pasar mereka terlebih dahulu. Menentukan pangsa pasar adalah langkah pertama sebelum melakukan pemasaran dan pengenalan produk lebih jauh. Jika produk pakaian yang dijual lebih banyak mengandung produk pakaian wanita usia muda, maka target promosi dan pemasaran kita harus menyasar anak-anak muda.

Promosi yang Efektif di Media Sosial

Setelah menentukan pangsa pasar, kita harus melakukan promosi yang efektif. Promosi yang efektif adalah promosi yang tepat sasaran, yaitu produk-produk kita ditawarkan pada orang-orang yang kemungkinan besar membutuhkan atau memiliki keinginan untuk mengenakan produk pakaian yang kita jual online. Misalnya, jika kita menjual produk hijab untuk muslimah, maka promosi kita harus menyasar para muslimah muda yang aktif di media sosial. Cara yang paling efektif adalah melakukan promosi dengan masuk ke forum-forum muslimah di media sosial. Perempuan yang aktif di media sosial forum muslimah pasti membutuhkan hijab, sehingga ada kemungkinan mereka tertarik dengan produk hijab yang kita promosikan. Lain halnya jika kita melakukan promosi yang serampangan atau random, kemungkinan orang-orang akan tertarik pada produk pakaian kita akan sedikit sehingga promosi tidak berjalan dengan efektif.

Branding yang Baik

Branding, secara sederhana dapat dipadankan dengan pencitraan produk. Setiap produk yang laris manis di pasaran pasti memiliki brand yang baik di mata konsumen. Sebagai contoh, konsumen lebih cenderung memilih merk pakaian yang sudah terkenal dibandingkan dengan merk yang masih asing di telinga mereka. Untuk itu, branding harus selalu dilakukan oleh para penjual. Contoh branding yang baik dan efektif adalah dengan menggunakan jasa tokoh atau selebritas untuk memperkenalkan produk kita.

Berjualan di dunia maya berbeda dengan jualan di toko-toko atau di gerai-gerai nyata. Dalam proses jual-beli di dunia online, pembeli tidak dapat memastikan apakah produk yang kita jual sudah benar-benar sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan atau tidak, sehingga branding merupakan salah satu kunci sukses jual online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *