Konsep, Manfaat, dan Keuntungan Online Marketing

Online marketing atau e-marketing merupakan segala usaha untuk memasarkan suatu produk atau jasa lewat media Internet. Kegiatan pemasaran Internet ini pada umumnya berkisar pada pembuatan produk periklanan, mencari prospek atau konsumen, dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.

Manfaat Online Marketing

  1. Dapat melakukan perubahan dengan cepat

Ketika terjadi kesalahan dalam hal pemasangan iklan atau jika pemasaran tidak berjalan sesuai dengan harapan, kita dapat segera/langsung memperbaikinya atau mengubahnya dengan cepat dan mudah.

  1. Dapat menentukan target demografis tertentu

Online marketing memungkinkan kita untuk membuat target demografis tertentu seperti gender, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menambahkan variabel lain seperti tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan pekerjaan.

  1. Menyediakan banyak pilihan media

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan online marketing, Anda bisa menggunakan berbagai media yang tersedia, misalnya blog, media sosial, email, newsletter, dan video.

  1. Dapat menghubungkan antara pemasar dan konsumen secara efektif

Dalam hal ini, konsumen dan pemasar sama-sama diuntungkan. Konsumen dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari. Sementara itu, pemasar dapat dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang sedang mencari dan membutuhkan produknya.

  1. Kemampuan konversi instan

Ketika kita melakukan online marketing, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tapi juga dapat mengubahnya menjadi transaksi penjualan. Hanya dengan beberapa klik, kita dapat mengubah pelanggan secara instan.

Keuntungan online marketing

  1. Organisasi lebih sederhana dan mudah

Tidak perlu memajang barang secara fisik, karena katalog dan deskripsi singkat mengenai masing-masing barang sudah cukup mewakili informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Kita juga tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan, karena hanya perlu karyawan untuk menangani pemesanan dan pengiriman. Otomatis, biaya operasional perusahaan pun jadi lebih ringan.

  1. Pengelolaan barang lebih mudah

Website yang kita gunakan untuk pemasaran biasanya dilengkapi dengan sistem manajemen barang dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah memeriksa stok barang dan menjual barang berdasarkan pesanan. Ini tentu mempermudah tugas kita dalam mengelola barang dagangan.

  1. Riset pasar lebih mudah

Dengan melihat kata kunci yang dicari di situs kita, kita dapat dengan mudah melakukan riset pasar mengenai produk-produk yang banyak diminati konsumen. Ini tentu akan membantu Anda dalam merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

  1. Biaya pemasaran relatif murah

Biaya online marketing relatif sangat murah. Cukup dengan uang ratusan ribu rupiah, kita sudah bisa memajang produk di website sendiri atau di website lain. Kita bahkan bisa memanfaatkan website dan blog gratis.

  1. Tidak terbatas ruang dan waktu

Semua orang bisa mengakses Internet setiap saat di belahan dunia mana pun yang menyediakan jaringan Internet, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *