Langkah Awal Jika Anda Memilih Investasi Emas

Ada banyak pilihan cara berinvestasi cerdas yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah investasi emas yang aman dan menguntungkan. Emas adalah logam mulia yang tidak akan terpengaruh jika terjadi inflasi. Jadi itu sebabnya mengapa banyak orang yang memilih investasi emas dibandingkan investasi yang lain.

Emas yang cocok untuk investasi bisa apapun, bisa yang sudah dalam bentuk perhiasan, batangan ataupun koin. Selain dijadikan koleksi, emas bisa untuk bejaga-jaga saat keadaan finansial sulit. Ada beberapa tips investasi emas yang bisa dijadikan pegangan agar tidak salah langkah. Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini hingga tuntas!

Tentukan Tujuan Anda Mengapa Membeli Emas

Sebelum membeli emas, pastikan terlebih dulu tujuan Anda. Mengapa demikian? Karena jika tujuan Anda membeli emas untuk perhiasan yang akan digunakan ke acara pesta tentu emas yang sudah berbentuk perhiasan. Namun jika tujuan Anda membeli emas untuk investasi sebaiknya pilih emas dalam bentuk koin atau batangan.

Emas dalam bentuk koin dan batangan memiliki nilai intrinsik yang relatif lebih besar. Tapi bukan berarti emas dalam bentuk perhiasan nilainya kecil. Emas perhiasan tetap akan memiliki nilai jual jika kadar emasnya tinggi dan kemilaunya masih tetap terjaga dengan baik.

Cari Informasi Harga Emas Terbaru

Harga emas akan mengalami perubahan, umumnya ditentukan oleh situasi dan faktor di luar. Misalnya: kondisi ekonomi atau politik di dalam dan luar negeri. Perlu Anda ketahui harga emas cenderung stabil, jarang mengalami penurunan. Bahkan bisa dibilang emas selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Yang harus Anda cari tahu adalah dengan memperhatikan harga jual emas di toko yang dimaksud. Jangan sampai harga jual di toko tersebut turun drastis jika suatu saat  Anda akan menjual kembali. Rekomendasi membeli emas yang terjamin dan memiliki sertifikat adalah di Antam atau di pegadaian.

Baik Tidaknya Kondisi Fisik Bisa Mempengaruhi Harga Jual

Saat memilih emas, perhatikan bentuk tampilannya. Pastikan emas terbebas dari noda hijau di pori-porinya. Tanda hijau menandakan emas belum dicuci, artinya masih meninggalkan sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi. Jika memilih emas dalam bentuk perhiasan, cek dengan teliti apakah ada goresan, cekungan atau kerusakan lainnya. Sebaiknya hindari perhiasan yang terdapat cacat karena dapat mempengaruhi harga jika suatu saat akan Anda jual.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika akan memulai investasi emas. Selain ketiga poin di atas, masih ada poin lainnya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Singkat kata, investasi emas adalah cara keuntungan menabung yang tidak aka nada matinya, bahkan sampai kapanpun emas tetap akan menjadi logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *