Langkah Awal Mulai Berbisnis Saham Bagi Pemula

Jika Anda masih pemula berbisnis saham tentu masih bingung bagaimana caranya memulai investasi saham, menentukan produk investasi dan lain sebagainya. Tempat untuk perdagangan saham bernama pasar bursa efek Indonesia atau BEI. Namun masalahnya Anda tidak bisa langsung membeli saham di BEI, karena ada beberapa ketentuan khusus yang harus Anda ikuti.

Perdagangan saham di BEI dilakukan secara otomatis dan terhubung dengan sistem jaringan komputer trading saham online. Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Anda jadikan pedoman jika akan memulai investasi saham.

Kenali Produk Investasi Saham

Pertama-tama yang harus Anda perhatikan adalah mencari tahu informasi mengenai produk investasi yang ada di pasar saham. Selain itu pelajari juga segala macam resiko, baik keuntungan maupun kerugian berbisnis saham.

Membuat Rekening Saham

Jika Anda sudah mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan saham dan apa produk saham itu sendiri, selanjutnya adalah memulai investasi saham dengan membuka rekening saham.

Jika anda ingin menabung pada sebuah bank swasta atau negeri, maka Anda wajib membuka rekening. Begitupula jika Anda ingin membeli saham maka wajib membuka rekening saham pada perusahaan sekuritas yang kita sebut sebagai pialang atau broker saham.

Membuka rekening saham mirip seperti membuka rekening tabungan, dimana sebelumnya Anda harus mengisi formulir data pribadi, seperti: identitas, usaha atau pekerjaan, data ahli waris dan melampiran foto copy identitas KTp dan buku rekening tabungan.

Ada banyak perusahaan tempat membeli saham, ada perusahaan milik negara seperti: Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas. Selain milik pemerintah, ada juga perusahaan milik perusahaan asing.

Untuk membuka rekening saham memerlukan biaya awal yaitu saldo minimal 5 juta rupiah, ada juga yang lebih tergantung kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas.

Memilih Dan Membeli Saham

Setelah memiliki rekening saham, waktunya Anda memilih saham yang tepat. Pilih saham yang bisa memberi keuntungan besar namun dengan resiko yang kecil. Dalam memilih saham yang tepat adna harus melakukan analisis mengenai kondisi perusahaan yang sahamnya akan Anda beli.

Setelah memastikan saham yang dipilih, lanjutkan dengan membeli saham. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli saham, yaitu: melalui pialang pasar (broker) atau melalui order langsung secara online.

Menjual Saham

Investasi saham bisa menjual saham yang Anda miliki jika diperlukan. Sebaiknya menjual saham pada waktu harga saham tersebut harganya lebih tinggi dibandingkan harga waktu membeli sehingga Anda mendapatkan keuntungan. Seperti saat membeli saham, pada waktu menjual sahampun harus dilakukan langsung oleh Anda sendiri atau bisa juga menggunakan broker. Uang hasil penjualan akan ditransfer ke rekening saham milik Anda.

Itulah cara berbisnis saham bagi para pemula. Perbanyak membaca dan cari informasi mengenai investasi saham ke orang yang sudah berpengalaman ataupun melalui artikel yang ada di internet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *