Langkah Awal Yang Wajib Dilakukan Jika Memilih Terjun ke Bisnis Online

Saat ini internet menjadi sarana yang popular di kalangan masyarakat. Mulai dari sebagai media informasi, pendidikan, hiburan bahkan menjadi peluang mencari penghasilan. Salah satunya adalah menjalankan bisnis online dengan menjual produk barang atau jasa.

Banyak orang yang berhasil dan sukses di bidang penjualan online, namun semua itu tidak datang begitu saja. Perlu usaha keras, belajar dan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan internet dan bisnis di internet.

Sebelum Anda memutuskan terjun ke bisnis online, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan Tujuan dan Luruskan Niat

Tujuan dan niat menjadi sebuah kekuatan untuk Anda menjalankan bisnis. Dengan tujuan dan niat yang jelas, semua hal yang ditemukan atau dirasakan bisa menjadi modal untuk ke depannya.

  • Perencanaan dan Persiapan

Membuat perencanaan dan persiapan merupakan langkah penting untuk menjalankan bisnis. Contoh tahap perencanaan adalah: menentukan produk barang atau jasa yang akan diperjualbelikan. Keputusan produk atau jasa yang dipilih harus berdasarkan pembacaan atau analisis yang pas dan sesuai. Selain itu merencanakan media apa yang akan digunakan untuk promosi, bagaimana caranya, memilih sistem pembayaran hingga biro ekspedisi yang akan digunakan.

Sedangkan tahap persiapan menyangkut perangkat yang harus Anda siapkan untuk menjalankan bisnis. Anda bisa memilih perangkat yang digunakan, bisa komputer atau laptop atau hanya menggunakan smartphone. Perangkat yang digunakan harus terhubung dengan jaringan internet agar Anda bisa melakukan aktivitas bisnis di internet.

Selain perangkat yang harus disiapkan, persiapan yang lainnya adalah menyiapkan barang atau kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi.

  • Action

Setelah perencanaan dan persiapan sudah matang, Anda bisa mulai membuat media yang dijadikan sarana untuk menawarkan barang atau jasa dengan cara online. Misalnya: membuat website khusus toko online yang menampilkan atau memajang barang atau jasa yang Anda jual. Atau bisa menggunakan cara bergabung bersama situs jual beli online.

Sekarang banyak pilihan situs toko online yang bisa Anda pilih, malah diantaranya ada yang gratis. Namun, sebaiknya pilih situs yang terpercaya.

  • Promosi

Lakukan usaha yang maksimal dalam hal mempromosikan barang atau jasa yang akan ditawarkan. Semakin banyak media promosi yang digunakan dan menggunakan strategi yang tepat sangat mempengaruhi penjualan. Ada banyak opsi yang bisa digunakan, misalnya: membuat akun khusus dengan nama brand milik Anda di media sosial, seperti: facebook, twitter, path, instagram, line dan media sosial lainnya.

Setelah memiliki akun, bagikan (share) produk atau jasa yang Anda jual. Ingat jenis-jenis media sosial yang ada memiliki karakter dan cara aturan mainnya yang berbeda-beda. Jadi pelajari setiap media yang dijadikan media promosi bisnis online agar lebih tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *