Manfaat Penggunaan Website untuk Usaha Kecil Menengah

Usaha kecil menengah atau yang disebut dengan UKM saat ini semakin lama semakin meningkat dan berkembang dengan baik. Namun terdapat beberapa hambatan yang harus dihadapi oleh UKM dan salah satunya adalah menghadapi usaha yang memiliki modal dan pangsa lebih besar seperti perusahaan yang sudah memiliki anak perusahaan. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan website menjadi salah satu cara marketing yang bisa dilakukan.

Website tersebut bisa dibuat oleh kelompok UKM di tempat tersebut sehingga memperkecil biaya untuk pembuatan dan pemeliharaan website tersebut. Manfaat dari penggunaan website untuk UKM, yaitu pertama mempermudah calon konsumen untuk mencari informasi mengenai barang atau jasa dari usaha yang dibangun. Saat ini pencarian barang ataupun jasa lebih banyak menggunakan cara online sehingga dengan website tersebut calon konsumen bisa menjangkau Anda dan resiko penjualan produk menjadi lebih tinggi.

Kedua adalah pangsa pasar yang lebih besar. Walaupun Anda membuka usaha kecil menengah bersama dengan keluarga atau kelompok masyarakat tertentu, Anda tetap bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dan yang telah berdiri lebih dahulu dari usaha yang Anda bangun. Penggunaan website sendiri bisa Anda gunakan untuk membidik konsumen yang jangkauannya lebih besar misalnya dari konsumen yang tinggalnya hanya di sekitar tempat tinggal Anda, dengan website konsumen Anda bisa berasal dari wilayah yang jauh.

Baca Juga: Usaha Online Jual makanan Agar Laris Manis

Ketiga adalah membangun branding. Bagi pengusaha UKM terutama yang masih baru, untuk bersaing dengan usaha lainnya yang sudah lama berdiri atau yang sudah maju menjadi tantangan tersendiri. Sehingga dengan penggunaan website tersebut bisa membuat Anda lebih mudah untuk memperkenalkan ke khalayak ramai mengenai usaha yang Anda bangun tersebut dan membantu untuk mencari konsumen secara online. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun branding adalah dengan menceritakan mengenai produk Anda yang sudah diekspor ke luar negeri atau kelebihan produk Anda dibandingkan dengan yang produk yang lainnya.

Manfaat lainnya dari penggunaan website untuk usaha kecil menengahyaitu:

  • Penyedia informasi yang lengkap. Informasi tersebut bisa berupa kontak, alamat toko atau usaha, produk yang ditawarkan, kelebihannya, gambar produk atau video dari produk tersebut sehingga calon konsumen bisa memilih dan mengenali produk Anda dengan lebih baik sebelum membeli.
  • Menjadi salah satu sarana marketing yang cukup efektif terutama jika website yang digunakan adalah website yang mobile friendly mengingat sebagian besar masyarakat saat ini mengakses website menggunakan mobile seperti smartphone. Dengan penggunaan website memungkinkan Anda untuk bisa memasarkan usaha dengan menggunakan produk iklan dari platform tertentu yang memungkinkan pengguna internet lebih mudah untuk menemukan website dari usaha yang Anda bangun tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *