Mengenal Pemasaran Online untuk Promosi

Internet marketing atau pemasaran online dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk bisa membuat mereka lebih terkenal. Sehingga konsumen datang dan membeli produk atau memanfaatkan layanan jasa mereka. Karenanya, Anda perlu mengenal pemasaran online untuk promosi berikut ini.

Promosi online adalah salah satu bentuk pemasaran online. Apapun produk atau jasa yang ditawarkan, internet adalah media yang paling efektik untuk membuat konsumen datang. Berikut ini beberapa cara promosi lewat media internet.

Iklan PPC (Pay per click)

Pengiklan bisa menyewa program PPC untuk publisher ini untuk mempromosikan bisnis mereka. Pengiklan akan diminta mengeluarkan sejumlah uang agar PPC ads menampilkan iklan pengiklan di jaringan publisher mereka. Harga iklan tentu disesuaikan dengan bentuk, ukuran maupun frekuensi iklan yang muncul.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah bentuk pemasaran online yang paling disukai karena gratis. Tetapi, untuk memanfaatkan SEO, perlu keahlian tertentu dan proses yang tidak sebentar. Karenanya saat ini, banyak juga pemilik web atau situs yang menyewa jasa ahli SEO agar bisnis mereka dikenal luas dan muncul dalam mesin pencari.

Email Marketing

Pemasaran online juga dapat dilakukan melalui email. Anda hanya perlu menggunakan email untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada banyak jenis email marketing, seperti direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut. Meski bisa dilakukan lewat email, sebaiknya hindari SPAM atau email sampah yang mengganggu orang lain.

Baca Juga: Tips Promosi agar Usaha Online Anda Cepat Berkembang

Mobile Advertising

Perangkat mobile seperti ponsel adalah senjata utama cara pemasaran online ini. Model pemasaran online ini dianggap sangat efektif dalam promosi bisnis. Iklan yang Anda buat bisa muncul lewat SMS, MMS, Banner Ads, Games dan lain-lain.

Social Media

Pemasaran online secara gratis ini juga banyak diminati pemilik usaha. Dengan media sosial seperti facebook, twitter, G+ dan youtube, Anda sudah bisa melakukan promosi produk atau jasa Anda. Iklan melalui media sosial paling banyak dilakukan oleh para pemilik usaha online.

Forum

Selain melalui email, promosi juga dapat dilakukan lewat forum-forum khusus. Biasanya forum ini dibuat untuk membahas topik tertentu. Anda bisa bergabung dalam berbagai forum yang ada dan sesuai, lalu lakukan pemasaran. Hati-hati, agar pemasaran online Anda tidak dianggap sebagai pengganggu bagi anggota forum yang lain, pilih jenis forum yang sesuai.

Demikian tadi beberapa media yang dapat digunakan pada pemasaran online untuk promosi.

Meski ada banyak cara untuk melakukan promosi online, tapi tidak perlu dilakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil dilakukan. Pilih saja beberapa yang efektif dan cocok dengan jenis usaha atau produ yang Anda tawarkan. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *