Menggunakan Jasa Transaksi Pembayaran Jual Beli Online

Sekitar tahun 2014 sampai sekarang, sering sekali penjualan barang-barang mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki yang dipromosikan dan dijual melalui media sosial dengan menggunakan aplikasi tersendiri, ya, sebut saja transaksi ini sebagai jual-beli online. Namun bagaimana cara transaksi pembayaran? Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan jasa transaksi pembayaran jual beli online yang sering dilakukan oleh pengguna aplikasi jual beli ini.

  • Transfer

Transaksi pertama yang paling umum dan paling mudah dilakukan adalah transfer uang ke bank. Selain mudah, proses transaksi ini juga dapat memudahkan penjual atau pembeli  mengkonfirmasi telah masuk atau tidaknya uang yang telah dikirim. Proses ini juga tidak hanya dapat dilakukan dengan datang ke bank dan mengirim uang melalui teller, tapi dapat juga menggunakan E-Banking melalui aplikasi yang telah difasilitasi oleh bank pengguna.

Dan untuk transaksi barang juga dapat dilakukan ketika pembeli telah konfirmasi bahwa ia telah mengirim uang dan di penjual telah menerima uang tersebut, baru barang yang telah dipesan akan dikirim oleh penjual kepada yang memesan barang tersebut.

Sekedar saran, untuk transaksi ini diperlukan kepercayaan yang tinggi kepada si penjual agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Jual beli online memang membutuhkan kepercayaan yang kuat antara penjual dan pembeli supaya bisa terjadi kesepakatan.

  1.   Bayar Langsung di Tempat (cash)

Transaksi yang kedua adalah bayar langsung atau lebih dikenal dengan pembayaran Cash on Delivery (COD). Cara pembayaran seperti ini memang sering sekali digunakan untuk transaksi jual beli secara langsung yang terjadi di pasar atau toko-toko. Tapi untuk penjualan barang di online dapat juga menggunakan transaksi ini, terutama untuk penjualan barang-barang bekas yang harus di teliti lagi kualitas dari barang yang dijual. Pembayaran langsung ini juga memudahkan pembeli untuk menawar harga yang pas dan sesuai dengan kondisi barang yang akan dibeli.

Baca Juga : Bisnis Internet Traveling, Surga Bagi Para Pejalan

Saran dalam melakukan transaksi ini adalah carilah tempat yang tepat untuk melakukan tawar menawar dengan si penjual, seperti di kafe, atau food court di pusat belanja. Tempat dengan fasilitas CCTV akan menjadi lebih aman jika melakukan transaksi ini, karena akan semakin menjamin keamanan dan alat perekam kejadian jika memang terjadi hal-hal di luar kesepakatan.

  1. Melalui Rekening Bersama

Transaksi yang ketiga agak berbeda dengan dua transaksi sebelumnya, yaitu menggunakan rekening bersama. Apa rekening bersama itu? Rekening bersama adalah lembaga yang dipercaya oleh penjual dan pembeli untuk menjadi pihak ketiga dalam pembayaran transaksi jual beli yang sedang dilakukan. Istilah escrow yang menjadi padanan kata transaksi ini, kini menjadi salah satu pilihan transaksi yang paling aman dalam melakukan transaksi jual beli online. Proses dalam transaksi ini adalah pembeli mentransfer uang kepada lembaga rekening bersama, lalu ketika uang sudah diterima pihak rekening bersama, maka lembaga tersebut menghubungi penjual untuk segera mengirim barang yang telah dipesan sebelumnya. Dan ketika barang yang dikirmkan oleh penjual sampai pada pembeli, barulah pembayaran di lakukan kepada penjual.

Demikian beberapa ulasan mengenai penggunaan jasa untuk bertransaksi dan pembayaran dalam proses jual beli online. Masing-masing dari jenis transaksi di atas memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing yang tentunya akan menjadi pertimbangan dalam melakukan transaksi.  Semoga informasi diatas berguna bagi yang membutuhkan, selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *