Menjaga Pelanggan Sebuah Toko Jual Beli Online

Dengan maraknya kegiatan alam bebas yang kini sedang digandrungi oleh khalayak ramai sangat mempengaruhi jual beli online peralatan outdoor yang semakin ketat. Peralatan kegiatan outdoor yang sedang di gemari biasanya berasal dari luar negeri dan memiliki nama yang sudah terkenal. Namun bukan jaminan kualitas yang mereka tawarkan tidak bisa dibandingkan oleh produk-produk dalam negeri yang harganya bisa jauh di bawah harga dari produk-produk luar tersebut. Selain masalah harga, bagaimana menjaga pelanggan supaya tidak berpindah ke lapak sebelah? Selain pelayanan yang berhubungan dengan kecepatan membalas pesanan dan ketepatan dalam mengirim barang yang dipesan, diperlukan pengetahuan dan kemauan untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan yang takkan mereka lupakan dan berbagai trik lain yang perlu dilakukan dalam menjaga pelanggan sebuah toko jual beli online. Antara lain lakukanlah hal-hal berikut ini.

  • Secara berkala memberikan ‘Give away’ kepada pelanggan

Memberikan secara gratis bersyarat kepada pelanggan yang beruntung merupakan salah satu cara untuk menaikkan rating pengunjung dan tentunya sekaligus mempromosikan produk yang ditawarkan oleh toko online. Jika dilakukan secara berkala, tentunya akan membuat para pelanggan semakin terpacu untuk mengikuti kontes gratis tersebut.

  • Promo buy 1 get 2 atau semacamnya

Selain itu, bisa juga dengan promo beli satu dapat dua atau bahkan lebih. Ini bisa dilakukan di saat-saat tertentu yang di rasa cukup penting, seperti hari libur nasional atau hari penting lainnya. Sebagai contoh ketika Hari Konservasi Dunia, penjual bisa menawarkan paket penjualan yang berhubungan dengan tujuan dari konservasi yaitu melestarikan lingkungan. Dengan latar belakang kegiatan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, maka pembeli akan merasa bahwa dengan ikut berkontribusi merupakan salah satu bentuk kepedulian yang bisa diberikan demi menjaga alam.

Baca Juga:Tips Meningkatkan Peluang Usaha Secara Efektif

  • Kopi darat

Kopi darat atau berkumpul dalam satu acara pada suatu waktu merupakan media yang paling jelas dalam menjaga kedekatan dengan para pelanggan. Tak kenal maka tak sayang jika peribahasa berbicara. Sudah menjadi kebiasaan dalam budaya bangsa ini untuk berkumpul dan berinteraksi, mempererat tali persaudaraan dan menambah teman baru. Di sini, antara penjual dan pembeli bisa saling berinteraksi dan bercengkrama menjaga silaturahmi, tidak melulu membicarakan jual beli online saja. Promosi barang dagangan sudah barang tentu tujuan yang tersirat. Dan jika kemasan acara memikat, tentunya akan menarik pelanggan baru. Contoh sederhana kemasan acara yang mungkin bisa dilakukan adalah pendakian bersama atau kemping ceria. Dalam rangkaian acara bisa dilakukan kuis atau aktifitas yang berlatarkan berbagi pengetahuan dan mendapatkan hadiah secara gratis. Dan tentunya dilakukan secara berkala agar lingkaran persaudaraan yang ada akan bertambah luas dan semakin erat.

Tiga hal diatas tentunya akan diharapkan bisa dijadikan pemicu untuk mengangkat jumlah pelanggan yang datang ke toko online yang Anda miliki. Dengan bertambahnya jumlah pelanggan, proses jual beli online diharapkan akan meningkat pula. Selain itu pun menambah teman dan kenalan akan memberikan kepuasan dalam kehidupan sosial. Semoga ulsasan singkat mengenai bagaimana menjaga pelanggan sebuah toko jual bell online ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *