Peluang Berbisnis Saham Bagi Pemula

Berbisnis saham sekarang ini menjadi salah satu usaha yang dipilih untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cukup lama (berkesinambungan). Secara sederhana bisnis atau investasi harta bisa diartikan sebagai bisnis jangka panjang yang menjanjikan.

Jika Anda ingin menjalankan usaha saham, yang pertama dan penting untuk diketahui adalah jenis-jenis investasi saham. Karena ada banyak jenis investasi yang masing-masing memiliki resiko yang berbeda.

Cara Memulai Bisnis Saham Bagi Pemula

Bisnis saham membutuhkan modal dan didukung dengan pengetahuan seputar investasi saha,. Banyak orang yang masih ragu karena tidak mengerti, tidak tahu cara memulai menanam modal di pasar saham. Bagi para pembisnis saham pemula untuk memulai bisnis ini ada beberapa yang harus dipahami dan diperhatikan, yaitu:

  1. Jangan paksakan mencari modal, sebaiknya gunakan uang yang nganggur/ sisa. Artinya jangan gunakan uang yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan pokok. Menggunakan uang sisa adalah cara yang dianjurkan karena lebih aman. Jangan memaksakan diri menggunakan uang kebutuhan pokok apalagi pinjam ke bank atau rentenir karena hal tersebut sangat beresiko.
  2. Ikuti setiap laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan. Laporan keuangan suatu perusahaan bisa dijadika bahan pertimbangan bagi para investor.

Kunci Menanam Saham Bagi Pemula

Poin penting penting lainnya menjalankan bisnis ini adalah memiliki strategi atau trik, diantaranya adalah:

  1. Pilih broker yang terpercaya. Memilih broker sangatlah penting, sebaiknya pilih broker yang sudah besar, berkualitas, tertib dalam administrasi dan terjamin keamanannya. Jangan pernah mempercayakan saham Anda kepada pialang, walaupun terlihat piawai dan berkualitas sebaiknya berpikir ulang, karena resikonya cukup besar.
  2. Jangan sepenuhnya percaya pada data keuangan terutama yang  belum di sah-kan oleh badan Bepepam. Karena banyak data yang seringkali tidak sesuai/ tidak valid. Jadi bersikaplah hati hati.
  3. Menganalisis dan rajin melakukan review portofolio secara teratur dan berkala.

Baca Juga: Mengapa Harus Memilih Investasi Emas?

Selain itu kunci sukses keberhasilan menjalankan bisnis saham adalah tekun dan disiplin dan selalu mencari, mencek informasi segala hal terbaru di pasar bursa saha,.

Sudah banyak orang yang terbukti sukses dari berbisnis saham. Menjadi seperti orang-orang yang sudah sukses di bisnis ini, tidak bisa didapat secara instan. Anda perlu mempelajari dan terus belajar bagaimana cara dan pola kerja investasi saham yang tepat. Tidak dipungkiri bisnis saham bisa membawa keuntungan yang menggiurkan, namun hal tersebut tidak lepas dari resiko yang tidak kalah besar juga. Apalagi kalau langkah yang dipilih kurang tepat.

Misalnya memilih perusahaan dan kebijakan invest yang tidak tepat malah bisa membuat Anda mengalami kerugian. Demikian ulasan singkat mengenai cara berbisnis saham yang harus diketahui oleh pemula. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *