Peluang Bisnis Internet Start up di Indonesia

Bisnis internet start up di Indonesia memang sedang meningkat perkembangannya. Sebenarnya start up sendiri memiliki arti bisnis rintisan, akan tetapi belakangan, start up lebih dikaitkan dengan bisnis yang berkaitan denga teknologi digital dan internet.

Kenapa bisa startup lebih diasosiasikan dengan bisnis internet dan digital? Hal ini karena pada tahun 1998-2000 bisnis rintisan yang banyak dibangun dan tumbuh berkaitan dengan usaha digital dann internet.

Pada tahun-tahun tersebut, banyak perusahaan yang membuka jaringan website pribadi, ini pula yang membuat banyak orang menjadikan internet sebagai lahan bisnis baru.

Beberapa tahun terakhir, perkembangan start up di Indonesia memang terbilang meningkat cukup pesat. Setiap bulannya banyak founder start up baru yang bermunculan. Bahkan kini ada lebih dari 1500 start up lokal yang tumbuh di Indonesia. Perkembangan ini tak lain juga karena didukung oleh pengguna internet di Indonesia yang semakin hari semakin bertambah.

Pada tahun2013 saja, ada sekitar 70 juta pengguna internet, dan bisa jadi sekarang ini jumlahnya semakin berlipat dan bertambah. Tak hanya itu, naiknya pendapatan per kapita juga membuat daya beli masyarakat semakin meningkat, dan ini juga memberikan pengaruh besar pada perkembangan industri digital.

Di Indonesia sendiri, start up lokal dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni, start up aplikasi edukasi, start up game, dan start up perdagangan seperti informasi dan e commerce.

Perkembangan media sosial serta smartphone di Indonesia memang terbilang pesat, hanya saja tantangan start up di Indonesia memang cukup besar karena masih sedikit yang menggunakan kartu kredit. Akan tetapi, hal-hal yang berbau berita dan informasi berkembang jauh lebih pesat.

Di Indonesia sendiri, saat ini banyak muncul komunitas yang anggotanya adalah para founder start up. Misalnya seperti Jogja Digital Valley, Bandung Digital Valley, Inkubator Bisnis, dan lain-lainnya.

Adanya komunitas start up ini tentunya memberikan kemudahan bagi para founder start up untuk bisa saling sharing mengenai start up, menjaring investor serta membimbing founder start up baru.

Apabila ingin mendirikan start up, maka salah satu yang harus dimiliki ialah tim yang solid, dengan tim solid tentunya akan bisa memunculkan inovasi serta ide kreatif untuk perkembangan start up. Selain itu, ide serta eksekusi yang tepat juga akan membuat para founder lebih mudah dalam mencari investor.

Saat ini, banyak start up lokal yang sudah meraih kesuksesan, seperti Kaskus serta Urbanesia. Ada pula Gojek yang bahkan kini sudah melebarkan sayap  hingga ke India.

Ini tentunya menjadi kabar gembira di bisnis internet, dimana orang Indonesia sudah mampu bersaing dengan orang-orang asing dalam hal teknologi dan digital di ranah start up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *