Pembahasan Seputar Jenis-Jenis Online Marketing

Bagi Anda yang bergerak di bidang bisnis online tentu tahu apa yang dimaksud dengan online marketing karena pasti kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan istilah tersebut. Namun, jika Anda baru memulai bisnis online dan tidak tahu apa yang dimaksud dengan istilah tersbeut ada baiknya baca artikel ini hingga tuntas, karena di sini kami akan berbagi informasi mengenai internet marketing.

Internet marketing atau online marketing adalah kegiatan atau bentuk pemasaran dan promosi melalui media online atau internet. Tujuan utama kegiatan internet marketing adalah untuk meningkatkan hasil penjualan dengan menggunakan strategi tertentu melalui media online.

Orang yang berkecimpung di internet marketing disebut internet marketer. Untuk menjadi seorang internet marketer bukanlah hal yang mudah, perlu mengetahui jenis-jenis internet marketing yang mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan internet yang begitu pesat. Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai jenis-jenis internet marketing dengan harapan dapat membantu Anda memahami lebih dalam kegiatan marketing online. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Email Marketing

Jenis internet marketing menggunakan email merupakan salah satu cara yang paling mudah, murah dan efektif. Cara kerjanya adalah dengan cara kirim email langsung ke konsumen atau calon konsumen. Isi email biasanya tentang iklan atau ajakan agar penerima email mau melihat dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Target utamanya adalah terjadi penjualan dan meningkatkan loyalitas kepercayaan para pelanggan.

Search Engine Optimization

Salah satu cara atau jenis internet marketing yang sekarang popular dan banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan search engine optimization (SEO). Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan posisi website toko online berada di mesin pencarian secara alami. Untuk memahami SEO tidak sesulit yang dibayangkan, kuncinya mau terus belajar dan mempraktekkannya.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing Online untuk Meningkatkan Penjualan

Search Engine Marketing

SEM merupakan internet marketing yang erat kaitannya dengan SEO bahkan cara kerjanya juga hampir sama. Perbedaannya adalah dari teknik namun tujuannya sama yaitu mendapatkan posisi yang baik di mesin pencarian sehingga berpeluang meningkatkan penjualan. Namun pada SEM cara promosinya lebih ke website melalui iklan play per click (PPC) seperti Adword.

Affiliate Marketing

Jenis internet marketing ini banyak dilakukan oleh para blogger atau pemilik web. Cara kerjanya sangat mudah yaitu hanya bertugas menjual produk melalui online. Biasanya penghasilan yang didapat jika terjadi penjualan melalui link affiasi yang diberikan kepada pembeli atau disebut pay per action (PPA).

Social Media Marketing

Internet marketing yang satu ini menjadi pilihan banyak pembisnis karena targetnya lebih luas dan murah. Bayangkan saja saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi social media marketing cara kerjanya adalah dengan mempromosikan bisnis melalui akun medsos.

Demikian pembahasan seputar jenis-jenis online marketing, dengan harapan dapat memberikan gambaran dan membantu Anda memahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan internet marketing. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *