Pengertian Dan Keuntungan Bisnis Internet

Sekarang internet menjadi sebuah fenomena sosial ekonomi yang semakin mengalami perkembangan. Hadirnya internet merubah cara berkomunikasi, berinteraksi, pola kerjasama, membangun jaringan sampai cara berbisnis. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjalankan bisnis internet.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan media internet atau secara online. Sudah banyak sekali cara menjalankan bisnis online dengan menggunakan berbagai metode. Setiap metode digunakan untuk tujuan agar bisnis yang dijalankan berjalan sesuai dengan rencana.

Syarat Menjalankan Bisnis Online

Sebelum kita membahas apa saja keuntungan menjalankan bisnis di internet, ada baiknya kita mengetahui syarat menjalankan bisnis ini/ syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Dapat mengoperasikan komputer atau laptop
  • Memiliki perangkat yang dibutuhkan, bisa laptop atau komputer. Jika tidak memiliki perangkat tersebut bisa menggunakan ponsel smartphone milik Anda.
  • Memiliki koneksi internet.
  • Memiliki email
  • Memiliki akun bank lokal dan bank dunia seperti paypal.

Keuntungan Menjalankan Bisnis di Internet

  • Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun

Menjalankan bisnis internet sangat fleksibel. Anda tidak harus memiliki tempat khusus (toko). Hanya dengan bermodalkan perangkat yang dibutuhkan Anda sudah bisa menjalankan bisnis di internet. Selain itu Anda bisa mengerjakan aktivitas bisnis dimanapun dengan catatan terkoneksi dengan jaringan internet.

  • Menjadi bos

Berbeda dengan dunia pekerjaan pada umumnya yang mengenal istilah ada bos dan pegawai. Pada bisnis online Anda bisa menjadi bos bagi diri Anda sendiri. Setiap keputusan dan kebijakan menyangkut bisnis adalah hasil dari keputusan diri sendiri tanpa ada campur tangan dari orang lain. Selain itu, menjalankan bisnis online tanpa ada ikatan dengan perusahaan atau suatu lembaga.

Menjalankan bisnis di internet tidak perlu menggunakan pakaian formal atau pakaian kerja. Anda bebas memilih pakaian saat beraktivitas bisnis di depan layar, bahkan hanya menggunakan kaos dalam dan celana kolor sekalipun bisa.

  • Biaya Lebih Murah

Menjalankan bisnis online tidak membutuhkan banyak biaya dibandingkan menjalankan bisnis secara offline. Bahkan hanya dengan modal jaringan internet dan perangkat yang dibutuhkan Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Lalu bagaimana dengan barang yang akan dijual? Umumnya jika menjalankan bisnis offline, terlebih dulu harus menyiapkan barang-barang yang akan dijual.

Berbeda dengan menjalankan bisnis online, Anda tidak wajib memiliki terlebih dulu barang yang dijual. Caranya bisa pilih sistem penjualan dropsit, yaitu cara penjualan tanpa ada barangnya, jika ada pemesanan Anda tinggal menghubungi perusahaan yang menyediakan barang yang Anda jual.

  • Jaringan Penjualan Lebih Luas

Menjual barang di internet tidak hanya bisa dilihat oleh orang-orang dilingkungan terdekat saja, tidak juga hanya bisa dilihat oleh orang di Indonesia saja. Bisnis internet bisa menjangkau segment hingga ke luar negeri atau hingga ke seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *