Persiapan Jitu Membangun Bisnis Online

Membangun suatu bisnis online seperti online shop tidak semudah yang dibayangkan. Harus ada persiapan yang wajib diperhatikan karena jika salah strategi bisa menyebabkan bisnis Anda kalah dengan pebisnis yang lainnya. Pertama adalah tentukan terlebih dahulu usaha Anda. Ada banyak jenis produk yang bisa dijadikan sebagai produk jualan mulai dari yang harganya murah hingga harganya yang mahal. Untuk usaha online, produk yang memiliki prospek bagus adalah item fashion seperti baju, sepatu, tas, kemudian kosmetik dan alat elektronik seperti ponsel.

 Persiapan Jitu Membangun Bisnis Online

Kedua adalah lihat target pasarnya. Apakah Anda akan menargetkan pasar untuk produk yang diperuntukkan bagi konsumen yang sudah dewasa atau anak-anak atau secara global. Pemilihan target pasar tersebut bisa membantu Anda untuk memilih jenis produk jualan yang akan Anda pilih dengan lebih tepat. Strategi pemasaran juga akan lebih bisa dipilih dengan tepat jika target pasarnya juga tepat.

Ketiga adalah tentukan sistemnya. Walaupun Anda membuka bisnis online, Anda juga harus menentukan sistem jualan yang tepat sehingga usaha Anda bisa berjalan dengan lebih baik. Anda bisa bekerja sama dengan produsen atau distributor resmi, bekerja sama dengan pengrajin sehingga bisa menciptakan produk Anda sendiri, memilih membeli secara grosir untuk produk yang akan dijual sesuai dengan sistem bisnis yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Misalnya jika Anda baru memiliki sedikit modal yang jika diperhitungkan hanya bisa untuk membeli hosting dan domain serta sedikit produk jualan, Anda bisa menggunakan sistem dropshipping,

Keempat adalah membangun platform usaha. Anda bisa memilih jenis dan nama domain yang mewakili produk yang Anda jual sehingga calon konsumen yang belum pernah berbelanja di tempat Anda bisa lebih mengenal dan mengingat online shop milik Anda. Jika modal tidak terlalu banyak, Anda dapat memulai lebih dulu dengan membuka online shop di marketplace. Namun, akan lebih terlihat menjanjikan dan konsumen bisa memiliki aneka produk jualan Anda dengan lebih bebas dan sedikit saingan, dengan membuka online shop sendiri.

Keempat adalah pasarkan. Walaupun Anda membuka bisnis online, Anda tetap harus memasarkan bisnis Anda misalnya lewat media sosial. Penggunaan media sosial sebagai salah satu media pemasaran cukup membantu konsumen agar mengetahui produk Anda atau branding atau brand awareness. Saat Anda memasarkan toko online, Anda harus menentukan strategi yang tepat serta membuat iklan yang tepat. Kata-kata yang digunakan untuk iklan harus singkat, padat dan juga menarik minat konsumen untuk melakukan sesuatu atau persuasif. Selain dengan iklan yang mempergunakan kata-kata dan gambar produk, Anda juga bisa membuat iklan jenis audio visual dan kemudian memasangkannya di website atau media sosial. Setelah Anda memasang iklan, pastikan Anda terus memantau iklan tersebut untuk melihat apakah iklan tersebut tepat atau justru menjadi spam dan mengganggu atau kurang maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *