Plus Minus Pemasaran Di Social Media

Di negara kita dan di dunia, social media sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern. Selain untuk bersosialisasi, sebagian besar masyarakat juga menggunakannya untuk berbisnis. Berbagai merek produk dan jasa, baik yang sudah ternama maupun yang baru, selalu menyertakannya sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran.

Agar hasil yang diraih menjadi maksimal, berbagai komponen pemasaran dan media komunikasi lainnya, baik online mauoun offline, sebaiknya tetap dihubungkan dengan social media. Untuk itu, akan lebih baik bila Anda membentuk divisi khusus yang menangani jalannya proses pemasaran di media sosial dan media Internet lainnya.

Sebagaimana lazimnya berbagai hal di dunia, di balik kelebihannya, social media pun memiliki kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak di bawah ini.

Nilai plus pemasaran di social media

  • Social media digunakan hampir oleh setiap pengguna Internet sehingga penyebaran promosi dengan menggunakan media ini menjadi lebih cepat atau lebih optimal.
  • Social media memudahkan Anda untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen sehingga bisnis Anda pun bisa berjalan lebih lancar. Selain itu, konsumen akan memiliki hubungan yang lebih personal dengan produk atau jasa yang Anda sediakan.
  • Produsen dan konsumen bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat untuk kedua belah pihak.
  • Memudahkan konsumen untuk menyampaikan saran dan keluhan, sehingga Anda bisa merespons dengan cepat dan personal.
  • Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang akan diterapkan selanjutnya berdasarkan keinginan pasar karena perkembangan dan penyebaran informasi lewat social media lebih cepat dibanding media lainnya.
  • Social media bisa menjadi cara baru dalam memasarkan produk atau jasa dari mulut ke mulut.
  • Dana yang diperlukan untuk pemasaran relatif lebih murah.

Nilai minus pemasaran di social media

  • Jika produk atau jasa yang Anda jual ternyata tidak sesuai dengan harapan, maka konsumen bisa dengan sangat mudah menyatakan kekecewaannya melalui social media, bahkan mungkin hingga mencaci maki produk atau jasa tersebut. Ini tentu dapat merusak citra produk atau jasa Anda.
  • Rentan terjadi black campaign dari pesaing atau orang-orang yang tidak suka dengan kesuksesan Anda. Mereka bisa dengan mudah merusak citra produk dan jasa Anda lewat ulasan-ulasan negatif yang mereka buat, meskipun sebenarnya produk dan jasa Anda berkualitas baik.
  • Sebagian besar pengguna social media tidak tertarik dengan promosi yang ada di sana karena mereka hanya menggunakannya untuk berkomunikasi.

Jika Anda terlalu banyak menampilkan iklan produk atau jasa Anda alias berpromosi, maka kemungkinan besar para pengguna di jaringan Anda akan menganggapnya sebagai spam dan mengganggu kenyamanan mereka. Alhasil, mereka pun bisa memutus hubungan dengan Anda di social media, atau bahkan di kehidupan nyata pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *