Siapa Bilang Jualan Online Itu Sulit? Mulailah dengan Cara yang Benar!

Trend bisnis yang tengah populer belakangan ini memang lebih kepada sektor-sektor yang berbau online, dengan hadirnya internet pasar dibuka secara lebih luas, memungkinkan siapa saja untuk memanfaatkannya dan mengubahnya menjadi uang. Sebagian banyak orang dewasa, bahkan tak kalah dengan itu remaja sudah mulai menjajal untuk jalankan usaha via online, toh malahan dari segi modal yang dibutuhkan nilainya tidak terlalu besar, ditambah dengan keunggulan lainnya yaitu jualan online ini bisa dijalankan dengan anti rugi, resikonya sangat kecil.

Namun sebanding dengan hal tersebut tingkat peruntungan yang bisa didapatkan juga tidak main-main, sehingga boleh Anda coba pakai sebagai salah satu bisnis sampingan, lumayan untuk menambah pendapatan dari pekerjaan utama, sudah banyak kenyataannya yang memanfaatkan peluang tersebut untuk memulai sebuah usaha. Menjalankan usaha secara online ternyata juga tidak semudah yang dibayangkan, meskipun banyak nilai lebihnya, namun tidak jarang diantara puluhan penjual yang sudah lama bergelut di bidang ini, namun bisnisnya juga tidak kunjung laris dengan konsumen.

Baca Juga: Pekerjaan Santai yang Menguntungkan, Jualan Online Menjadi Pilihan Utama!

Untuk mengetahui kiat yang tepat dalam membangun jualan online, ada baiknya Anda membaca dulu beberapa hal ini:

  1. Menjalankan sebuah bisnis harus dimulai dari sebuah survey, tak harus survey besar-besaran, melainkan dilakukan kecil-kecilan saja, setidaknya apa yang tengah menjadi trend masyarakat saat ini. Umumnya menjual barang yang sedang menjadi kebutuhan bisa membuat bisnis Anda laris manis, meskipun di satu sisi kompetitornya juga sangat banyak.
  2. Lihat media yang digunakan dalam berjualan, seorang pemula lebih senang memanfaatkan media sosial sebagai sarana mereka dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan keunggulan gratis dan juga lebih mudah dalam memantau barang dagangan. Namun tidak sepenuhnya meneruskan hasil yang tinggi, karena keterbatasan hanya orang yang berteman dengan Anda saja bisa mengetahuinya. Untuk itu jangan ragu mengambil lebih dari satu media, contohnya saja juga bergabung dengan market place sebagai sarana berjualan gratisan, membuat blog. Semua dapat dimanfaatkan sebagai lapak berjualan.
  3. Untuk mengatasi kompetitor maka Anda juga bisa menjual produk seunik mungkin, beberapa orang kurang senang menjual barang yang pasaran, karena sudah pasti kalah ruang dalam menjualnya, untuk menyiasati hal tersebut langkah terbaik adalah dengan memilih barang yang unik, jual sesuatu yang baru, keunikan ini juga dapat membuat Anda sukses.
  4. Menentukan harga harus dengan berbagai pertimbangan, hal utama yang dicari oleh konsumen online adalah barang yang bagus dengan harga murah, itulah mengapa pedangan online harus cermat dalam memutuskan harga. Lihat juga tawaran harga dari kompetitor-kompetitor Anda.
  5. Pastikan untuk memberikan detail yang spesifik pada keterangan produk ditambah dengan pengambilan gambar yang bagus untuk menarik minat pembeli.

5 dasar dalam memulai jualan online tersebut menjadi pondasi kesuksesan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *